Raibnya Jet Tempur Siluman Bikin Paman Sam Kelabakan

19 September 2023 08:38 WIB·32
jet-tempur-f-35_169.webp

Kuatbaca.com - Sebuah jet tempur siluman berjenis F-35 milik Amerika Serikat (AS) tiba-tiba hilang. Raibnya pesawat bernilai jutaan dolar AS itu membuat negeri Paman Sam kelabakan.

Awalnya, seorang pilot Korps Marinir sedang menerbangkan salah satu pesawat tempur termahal AS itu di dekat Pangkalan Gabungan Charleston di negara bagian South Carolina pada Minggu (17/9) sekitar pukul 14.00 waktu setempat, ketika terjadi masalah yang tidak diketahui. Akhirnya, pilot memutuskan untuk meninggalkan pesawat dengan melontarkan diri.

Pilotnya selamat, tetapi militer menghadapi masalah besar: mereka tidak dapat menemukan jet tempur siluman tersebut, sehingga Pangkalan Gabungan Charleston meminta bantuan dari penduduk setempat.


"Jika Anda memiliki informasi apa pun yang dapat membantu tim pencarian kami menemukan F-35, silakan hubungi Pusat Operasi Pertahanan Pangkalan," demikian bunyi sebuah postingan dari pangkalan tersebut yang diposting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dikutip kantor berita AFP, Senin (18/9/2023).

Otoritas pangkalan mengatakan mereka sedang melakukan pencarian, berkoordinasi dengan regulator penerbangan federal, di sekitar dua danau di sebelah utara kota Charleston.

Pesawat jenis tersebut, diproduksi oleh Lockheed Martin, berharga sekitar US$80 juta per unit.

Meskipun setiap pesawat memiliki konfigurasi persenjataan yang berbeda-beda, jet tempur jenis ini memiliki sistem intelijen elektronik, pengawasan dan pengintaian yang kuat. Dalam konfigurasi yang dikenal sebagai "beast mode", jet tempur F-35 dapat dilengkapi dengan bom berpemandu laser di sayapnya dan rudal pencari panas udara-ke-udara AIM-9.

Anggota Kongres AS Heran F-35 Hilang

Para pejabat militer Amerika Serikat telah meminta bantuan masyarakat untuk menemukan sebuah jet tempur siluman setelah kehilangan jejaknya di suatu tempat di South Carolina. Jet tempur F-35 itu hilang setelah pilotnya melontarkan diri keluar dari pesawat.

Anggota Kongres setempat, Nancy Mace mengomentari permintaan bantuan yang disampaikan militer AS kepada publik itu.

"Bagaimana bisa Anda kehilangan F-35? Bagaimana bisa tidak ada alat pelacak dan kita meminta kepada masyarakat untuk apa, menemukan jet dan menyerahkannya?" cetusnya, dikutip Associated Press, Senin (18/9).

(*)

internasional

Fenomena Terkini






Trending