Terbaru

Kembali

Ketua Banggar DPR Saran Kemenpora-PSSI Urunan untuk Korban Kanjuruhan

Jakarta - Ketua Banggar DPR Said Abdullah menyesalkan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menelan ratusan korban jiwa. Hal ini mencoreng prestasi yang baru didapat Timnas Indonesia."Sunguh kita menyesal dan penyesalan memang di akhir tragedi. Andai semua pihak senantiasa disiplin menjalankan ketentuan induk sepakbola dunia, FIFA, barangkali tragedi tidak akan terjadi. Sungguh sangat kita sayangkan, baru saja kita menorehkan prestasi dengan mengalahkan Tim Nasional Curacao dua kali. Prestasi ini patut kita syukuri karena Timnas Curacao menempati rangking FIFA 84, sedangkan Timnas Indonesia di peringkat 152. Mereka jauh di atas kita," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/10/2022)."Timnas PSSI U 17 juga makin menunjukkan perfomanya yang baik menghadapi babak kualifikasi Piala Asia U 17. Kami di DPR selalu mendukung kebutuhan anggaran dan langkah-langkah PSSI serta Kemenpora ketika meminta persetujuan naturalisasi sejumlah pemain muda berbakat, dan masuk menjadi skuad pada sepakbola Tanah Air," lanjutnya.Said mengusulkan pihak penyelenggara, Kemenpora, hingga PSSI bergotong royong untuk memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal. Begitu juga dengan korban yang masih dalam perawatan di rumah sakit."Kiranya pihak penyelenggara pertandingan, PSSI, Kemenpora, pemda setempat dan masyarakat bergotong royong memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal, sekaligus bantuan pengobatan terhadap korban yang sedang dirawat di rumah sakit," ujarnya.Selain itu, Said meminta investigasi tragedi itu melibatkan FIFA. Hal itu guna menjaga kredibilitas sepakbola Indonesia di mata dunia.Said juga mendorong agar kompetisi Liga 1 BRI dihentikan sampai tragedi itu selesai diusut. Kalaupun kompetisi dilanjutkan dia meminta adanya PSSI untuk mengaudit tahapan pelaksanaan pertandingan."Penyelenggaraan kompetisi sepakbola professional di Tanah Air ke depan tidak hanya mementingkan aspek bisnis, tetapi juga kepatuhan terhadap keseluruhan aturan FIFA dari semua pihak, agar tragedi memilukan seperti di Stadion Kanjuruhan Malang tidak terulang kembali," ujarnya."Kalaupun dilanjutkan kembali musim kompetisi sepakbola professional kembali, PSSI selalu mengaudit pelaksanaan setiap pertandingan sepakbola akan digelar, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga usainya pertandingan. Dan menghentikan pertandingan bila ada ketidakpatuhan terhadap peraturan FIFA. Langkah preventif ini untuk menghindarkan tragedi pilu di Kanjuruhan terulang kembali," lanjut Said.Said mengingatkan Kemenpora untuk membantu PSSI dalam pengawasan setiap pertandingan. Hal itu guna meminimalisir kemungkinan ketidakpatutan yang terjadi oleh penyelenggara."Meskipun urusan teknis sepakbola menjadi wewenang penuh PSSI, perlu kiranya Kemenpora ikut memberikan pengawasan untuk membantu PSSI, atau mengingatkan PSSI terhadap kemungkinan ketidakpatuhan penyelenggaraan pertandingan oleh pihak penyelenggara," ujarnya.

Ketua KPAI Minta Penyelenggara Evaluasi Total Buntut Tragedi Kanjuruhan

Jakarta - Ketua KPAI Susanto menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang. Susanto berharap semua pihak fokus untuk menangani korban secara cepat agar bisa diselamatkan."Kami menyampaikan duka mendalam atas tragedi Malang. Berharap semua pihak fokus tangani korban secara cepat agar nyawa korban bisa diselamatkan," kata Susanto kepada wartawan, Minggu (2/10/2022).Susanto menegaskan tragedi ini harus menjadi evaluasi total penyelenggaraan laga sepakbola di Indonesia. Susanto menyebut penyelenggara harus mengutamakan keselamatan bukan hanya untuk pemain saja tapi juga suporternya."Tragedi ini harus jadi pelajaran dan evaluasi total terhadap penyelenggaraan event sepakbola. Keselamatan pemain, suporter dan pihak-pihak terkait harus jadi prioritas," ujarnya.Mahfud Sebut Tragedi Kanjuruhan Bukan Bentrok AntarSuporterMenko Polhukam Mahfud Md menegaskan tragedi Kanjuruhan Malang bukan disebabkan bentrok antarsuporter. Korban meninggal dunia karena desak-desakan dan terinjak."Perlu saya tegaskan bahwa tragedi Kanjuruhan itu bukan bentrok antarsuporter Persebaya dengan Arema. Sebab pada pertandingan itu suporter Persebaya tidak boleh ikut menonton," kata Mahfud dalam akun Instagram-nya, Minggu (2/10). Ejaan di tulisan Mahfud sudah disesuaikan.Mahfud mengatakan suporter yang berada di lapangan hanya dari Arema. Dia menyatakan tak ada korban penganiayaan suporter."Oleh sebab itu, para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling himpit, dan terinjak-injak, serta sesak napas. Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antarsuporter," ujar Mahfud.Mahfud menegaskan komitmen pemerintah untuk terus memperbaiki pelaksanaan pertandingan sepakbola di Indonesia. Dia mengatakan sepakbola kerap memancing suporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba.Wagub Jatim Emil Dardak menyampaikan data sementara dari Dinkes Malang terkait tragedi Kanjuruhan. Emil mengatakan korban tewas berdasarkan data Dinkes Malang sebanyak 131 orang."Betul, ini (data Dinkes Malang) lebih valid untuk sementara waktu," jelas Emil, Minggu (2/10).Menurut Emil, data korban jiwa yang valid adalah milik Dinkes Kabupaten dan Kota Malang. Yakni 131 korban jiwa.Emil kemudian menerangkan soal perbedaan data antara BPBD dengan Dinkes Malang. Dia menyebut perbadaan data jumlah korban karena ada potensi data ganda."Tadi saya dikutip menyampaikan data BPBD, tapi setelah saya cek ada potensi data ganda atau double counting karena ada korban jiwa yang tidak teridentifikasi, maka bisa double entry dari sumber-sumber yang berbeda yang direkap BPBD," kata Emil.Emil sebelumnya menyampaikan berdasarkan data BPBD Jatim, korban tewas tragedi Kanjuruhan sebanyak 174. Namun data Dinkes, korban jiwa sebanyak 131 orang.

Ridwan Kamil-Bima Arya Hadiri Acara Perpisahan Anies Baswedan

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Supermentor ke-27 di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat. Acara yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) ini merupakan event perpisahan Anies menjelang selesainya periode kepemimpinan sebagai Gubernur DKI Jakarta.Pantauan di lokasi, Anies tampak didampingi oleh istrinya, Fery Farhati. Anies yang memakai jas beserta kaus hitam langsung menaiki panggung setiba di lokasi.Kedatangan Anies langsung disambut oleh riuh tepuk tangan penonton. Beberapa di antara mereka bahkan meneriakkan Anies Presiden 2024."Pak Anies Presiden!" teriak beberapa penonton.Tampak pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya hadir dalam acara hari ini. Selain itu, ada perwakilan tiap duta besar negara tetangga turut hadir.Acara Supermentor-27 kali ini Bertajuk A Farwell Event for Gubernur Anies Baswedan. Acara itu dipandu oleh Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal.Dalam pemaparannya, Dino Patti Djalal memuji kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin Kota Jakarta. Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari kemajuan Kota Jakarta yang semakin pesat.Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI itu awalnya menjelaskan, seorang pemimpin dikatakan baik apabila kinerjanya makin meningkat menjelang akhir masa jabatannya. Menurutnya, Anies memenuhi kriteria tersebut."Sebagai warga Jakarta saya melihat sendiri Jakarta berubah dengan pesat. Jadi ukuran seorang pemimpin sangat simpel, apakah kota atau kabupaten, provinsi, negara di mana ia jadi pemimpin di akhir masa jabatannya lebih baik daripada ketika ia memulai masa jabatannya. Yang merasa Pak Anies bahwa Jakarta lebih baik di akhir masa jabatannya silakan tepuk tangan?" kata Dino Patti di lokasi, Minggu (2/10).Pertanyaan Dino lantas disambut riuh tepuk tangan audience yang hadir pada hari ini. Setelah itu, Dino menyinggung soal pemimpin Indonesia di masa depan. Sontak, audience kompak menjawab Anies Baswedan."Saya tidak tahu siapa yang akan memimpin Indonesia nanti ke depan," ujarnya."Pak Anies!" balas audiens.Dino memandang saat ini Indonesia membutuhkan sosok pemimpin progresif dan reformis yang bersatu padu memajukan bangsa. Jangan sampai para pemimpin itu saling berbaku hantam.

Dino Patti Djalal Puji Kinerja Anies: Jakarta Berubah Pesat

Jakarta - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Patti Djalal memuji kinerja Gubernur Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin Kota Jakarta. Menurutnya, hal tersebut bisa dilihat dari kemajuan Kota Jakarta yang semakin pesat.Hal ini disampaikan Dino Patti Djalal dalam acara Supermentor-27 Bertajuk 'A Farewell Event for Gubernur Anies Baswedan di Ballroom Djakarta Theater XXI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2022). Acara dihadiri oleh audience yang mayoritas merupakan anak muda.Selain Anies Baswedan, Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.Dino awalnya menjelaskan seorang pemimpin dikatakan baik apabila kinerjanya meningkat jelang akhir jabatan. Menurutnya, Anies memenuhi kriteria tersebut."Saya sudah lama kenal Pak Anies, saya kenal sewaktu beliau masih menjadi mahasiswa di Chicago. Saya liat beliau dari mahasiswa naik jadi akademiisi, jadi rektor dan kemudian jadi politisi, dan naik jadi pejabat. Dan, beliau pertengahan bulan ini akan turun dari jabatan beliau. Sebagai warga Jakarta, saya melihat sendiri Jakarta berubah dengan pesat," kata Dino Patti di lokasi, Minggu (2/10/2022)."Jadi ukuran seorang pemimpin sangat simpel, apakah kota atau kabupaten, provinsi, negara di mana dia jadi pemimpin di akhir masa jabatannya lebih baik daripada ketika dia memulai masa jabatannya. Yang merasa Pak Anies bahwa Jakarta lebih baik di akhir masa jabatannya silakan tepuk tangan?" imbuhnya.Pertanyaan Dino lantas disambut riuh tepuk tangan audience yang hadir pada hari ini. Setelah itu, Dino menyinggung soal pemimpin Indonesia di masa depan. Sontak, audience kompak menjawab Anies Baswedan."Saya tidak tahu siapa yang akan memimpin Indonesia nanti ke depan," ujarnya."Pak Anies!" balas audience.Dino memandang saat ini Indonesia membutuhkan sosok pemimpin progresif dan reformis yang bersatu padu memajukan bangsa. Jangan sampai, para pemimpin itu saling berbaku hantam."Saya juga berharap akan sangat disayangkan kalau pemimpin-pemimpin yang reformis dan modernis itu saling berbaku hantam. Kita semua ingin melihat bahwa mereka bahu-membahu, saling dorong, saling mengisi agar Indonesia panggung politiknya, panggung ruang publiknya dipenuhi oleh orang-orang yang idealis reformis dan lakukan modernisasi," ucapnya.Dino memandang politik merupakan pertarungan abadi. Dia lantas berharap panggung politik RI di masa depan diisi oleh sosok pemimpin yang progresif dan reformis."Politik adalah pertarungan abadi antara baik dan jahat benar dan salah, bersih dan korup, progresif dan konservatif, perubahan dan status quo. Benar nggak? Pertarungan abadi bukan pertarungan sesaat. Nanti kita semua udah pergi, ini semua akan terus terjadi. Yang benar selalu menang. Yang salah tdk selalu kalah. Inilah tantangan dari dunia politik dan realita dari dunia politik," katanya.

2 Jempol Ganjar di Bawah Videotron Bergambar Puan '2024 Menang Spektakuler'

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berfoto di bawah videotron bergambar Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ganjar yang memakai setelah olahraga berpose mengangkat tangan dan mengacungkan jempol.Foto itu diunggah Ganjar di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Minggu (2/0/2022). Ganjar berfoto persis di bawah videotron Puan yang berdiri dengan tiang berwarna hitam.Videotron bergambar Puan berukuran besar dengan latar belakang merah. Foto Puan yang terpampang di videotron itu yakni saat sang Ketua DPR RI mengenakan pakaian putih.Videotron itu memuat tulisan '2024 Menang Spektakuler, Hattrick'. Ada juga tulisan 'holopis kuntul baris!' dan 'DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah'.Ganjar juga membubuhkan keterangan dalam foto di bawah videotron bergambar Puan Maharani. Ganjar juga mencolek akun resmi PDI Perjuangan dalam unggahannya."Siap! @pdiperjuangan," kata Ganjar.Hingga pukul 18.36 WIB, unggahan Ganjar sudah disukai 69.448 pengguna Instagram. Beragam komentar juga mewarnai unggahan Ganjar.

Nikahi Catherine Wilson, Idham Mase Punya Harta Rp 895 Juta dan Utang Rp 735 Juta, Ini Rinciannya

Aktris Catherine Wilson resmi dinikahi anggota DPRD Sidenreng Rappang (Sidrap), Idham Mase di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (1/10/2022).Kepada Catherine Wilson, Idham Mase memberikan mas kawin berupa berupa logam mulia seberat 100 gram serta satu set perhiasan berlian.Bila menilik dari mahar yang diberikan kepada Catherine Wilson, berapa harta kekayaan Idham Mase?Dari penelusuran Tribunnews.com di situs elhkpn.kpk.go.id, Idham Mase memiliki harta kekayaan sebesar Rp 895 juta.Hal ini berdasarkan laporan harta kekayaan yang disampaikan Idham Mase pada 23 Maret 2022.Dibanding pada 2018, jumlah harta Idham Mase mengalami penurunan sebesar Rp 241 juta dari sebelumnya Rp 977.878.746.Dalam laporan itu, Idham Mase juga memiliki utang sebesar Rp 735.907.124 sehingga mengurangi nilai asetnya.Adapun rincian aset yang dimiliki politikus Golkar itu adalah dua bidang tanah dan bangunan dengan nilai Rp 1 miliar.Kedua tanah itu berada di Sidrap, Sulawesi Selatan.Idham Mase juga memiliki satu unit mobil Pajero dengan nilai Rp 560 juta.Aset lain yang dipunyai Idham Mase adalah kas dan setara kas dengan nilai Rp 71.214.533.Sehingga total aset Idham Mase sebelum dikurangi utang mencapai Rp 1 miliar lebih atau tepatnya Rp 1.631.214.533.Selengkapnya, inilah harta kekayaan Idham Mase dikutip dari elhkpn.kpk.go.id, Minggu (2/10/2022):Aktris Catherine Wilson resmi dinikahi anggota DPRD Sidenreng Rappang (Sidrap), Idham Mase di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (1/10/2022). (YouTube KH INFOTAINMENT/Tangkapan Layar)A. TANAH DAN BANGUNAN Rp 1.000.000.0001. Tanah Seluas 165 m2 di KAB/KOTA SIDENRENG RAPPANG, HASIL SENDIRI Rp 400.000.0002. Tanah dan Bangunan Seluas 10000 m2/165 m2 di KAB/KOTA SIDENRENG RAPPANG, HASIL SENDIRI Rp 600.000.000B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp 560.000.0001. MOBIL, MITSUBISHI PAJERO Tahun 2019, HASIL SENDIRI Rp 560.000.000C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp ----D. SURAT BERHARGA Rp ----E. KAS DAN SETARA KAS Rp 71.214.533F. HARTA LAINNYA Rp ----Sub Total Rp 1.631.214.533HUTANG Rp 735.907.124TOTAL HARTA KEKAYAAN Rp 895.307.409Profil Idham MaseSuami Catherine Wilson bernama Idham Mase. Ia merupakan anggota DPRD Kabupaten Sidrap, ternyata mantan tunangan Shinta Bachir. (Kolase Tribunsumsel.com)Dikutip dari Kompas.com, Idham Mase lahir di Bajoe, Sulawesi Selatan, pada 30 Maret 1972.Selain sebagai legislator, Idham Masse juga dikenal sebagai pengusaha di bidang kuliner.Dua restoran yang dimilikinya adalah Reza Caffe dan Palekko.Restorannya terbilang cukup besar karena sudah memiliki tiga cabang di Sidrap, Parepare, dan Makassar.Karier Idham Mase sebagai politisi tak banyak diketahui publik.Namun Idham sudah mulai menjabat sebagai anggota DPRD Sidrap sejak 2019.Ia juga dilantik menjadi pengurus baru DPD Partai Golkar hingga 2026.Sebelum menikahi Catherine Wilson, Idham Mase sudah pernah menikah.Dari pernikahan pertamanya, Idham dikaruniai tiga orang anak.Ia juga sempat menjalin hubungan serius dengan Shinta Bachir hingga bertunangan.Namun hubungan itu kandas di tengah jalan dan tak pernah mencapai pernikahan.

Anies: Doa Tak Terhenti bagi Orangtua yang Anaknya Tak Kembali...

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bela sungkawa atas tragedi yang terjadi setelah laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/9/2022) malam."Inalillahi wa inna ilaihi rajiun. Duka tak terperi atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang," tulis Anies dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Minggu (2/10/2022)."Doa tak henti bagi ibu dan ayah yang anak tak kembali pulang, bagi keluarga yang kehilangan, agar mereka diberi kekuatan dan ketabahan," ucap dia.Anies juga berharap bahwa kalimat 'tidak ada sepak bola yang seharga nyawa' bisa terwujud."(Dan) menjadi evaluasi menyeluruh dan perubahan nyata ke depan," kata Anies.Kericuhan meledak setelah laga tuan rumah Arema FC melawan tamu mereka, Persebaya pada pekan ke-11 Liga 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu malam.Suporter berbondong-bondong masuk ke lapangan seusai laga.Pihak keamanan mencoba mengamankan kondisi dengan menembakkan gas air mata ke bagian bawah pagar pembatas.Asap gas air mata yang dilontarkan mengarah ke tribune dan mengepul di sisi selatan.Asap tersebut disinyalir menjadi penyebab suporter sesak napas dan pingsan, hingga memakan korban jiwa.Menurut keterangan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, sejauh ini terdapat 131 korban jiwa dalam Kerusuhan Kanjuruhan.

Agar Warna Batik Tak Cepat Pudar

 Keindahan kain atau busana yang terbuat dari kain batik memang memerlukan perawatan khusus.Terlebih lagi jika kain batik tersebut menggunakan bahan pewarna alami, seperti dari ranting pohon, kulit, hingga daun-daunan.Adakah cara khusus untuk merawatnya?Agar busana atau kain batik tetap terlihat cantik dan menawan, ada beberapa cara khusus yang harus diperhatikan.Pasalnya, desainer Musa Widyatmojo pernah menerangkan, batik yang dibuat dari pewarna alami warnanya tidak akan awet dan cepat pudar.Nah, untuk menjaga agar warna batik tetap terlihat indah, Musa punya cara tertentu.iJika kamu mempunyai Ecobatik (batik yang berasal dari bahan pewarna alami), jangan pernah mencucinya menggunakan sabun detergen.Sebaiknya, gunakan lerak (bahan khusus untuk mencuci kain batik).Kemudian, ketika akan menjemurnya, jangan arahkan batik langsung ke arah sinar matahari (atau di bawah sinar matahari langsung).Sinar matahari akan mempercepat proses pemudaran warna pada kain batik.Jadi, jemurlah batik di tempat teduh, atau angin-anginkan saja.Setelah itu, saat menyetrika batik, jangan tempelkan bagian setrika yang panas langsung di atas kain.Hal ini hanya akan menyebabkan warna batik cepat pudar. Selain itu jangan gunakan suhu yang terlalu panas saat menyetrika batik.Langkah tepat saat menyetrika batik adalah dengan membalik kain tersebut, dan setrika dalam kondisi suhu sedang.Selamat mencoba!

Manajer Arema FC Angkat Bicara Soal Tragedi Kanjuruhan: Kami Tidak Pikirkan Sanksi

MALANG - Manajer Arema FC Ali Rifki angkat bicara soal tragedi pasca pertandingan Arema FC Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).Dengan raut wajah sedih, ia mengatakan bahwa peristiwa yang ada merupakan pukulan bagi semua pihak. Pihaknya juga tidak peduli terkait sanksi yang diberikan oleh PSSI.Menurutnya, untuk kondisi saat ini yang dipikirkan oleh pihaknya yakni nasib korban dan keluarganya."Saya dari manajemen tidak peduli, tidak memikirkan sanksi, yang saya pikirkan korban dan keluarganya yang akan kita datangi Insya Allah satu persatu," kata Ali Rifki di Stadion Kanjuruhan pada Minggu (2/10/2022) petang.Soal perubahan waktu bertanding, pihaknya mengikuti arahan yang sudah ditetapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).Ali Rifki menyampaikan bahwa dari manajemen tim dari awal sudah siap bertanding entah ketika sore atau siang hari."Saya sebagai manajer tim mengikuti apa yang sudah ditetapkan karena jadwal apapun itu urusan panpel (panitia pelaksana) dengan PT LIB beserta keamanan, kalau saya sebagai manajer tim mengurusi tim, kesiapan tim dalam berlaga," katanya.Dia mengatakan tim beserta pemain saat ini dalam kondisi syok.Rencananya, mulai besok (3/10/2022), jajaran tim Arema FC akan menyambangi korban."Insya Allah besok kita ajak bareng ke para korban, dan saya kira tim dan pemain syok semua, semua tidak menginginkan," katanya.

Instruksi Presiden Arema FC Seusai Tragedi Stadion Kanjuruhan

MALANG - Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana mengucapkan duka yang mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.Tragedi Kanjuruhan masuk dalam urutan dua besar insiden terkelam dalam sepak bola dunia terkait jumlah korban jatuh.Data terkini dari Dinkes Kabupaten Malang dan Dinkes Kota Malang per Minggu sore adalah 131 orang meninggal dunia, 31 orang luka berat, dan 253 orang luka ringan-sedang.Jenazah-jenazah para korban tersebut juga sudah mulai diantarkan ke rumah duka menggunakan ambulans. Beberapa yang lain juga dijemput keluarganya.Suasana duka terasa sejak pagi, apalagi Kota Malang dirundung dengan cuaca mendung yang membuat atmosfer semakin muram.Gilang Widya Pramana menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh Aremania, masyarakat Malang dan semua yang terdampak akibat insiden yang terjadi usai laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 itu."Sebagai Presiden Arema FC, saya meminta maaf kepada seluruh warga Malang Raya yang terdampak atas kejadian ini," ungkap pria yang berprofesi sebagai pengusaha tersebut."Saya sangat prihatin dan mengutuk keras kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang mengakibatkan seratusan lebih korban jiwa.""Saya turut merasakan duka mendalam dan berbelasungkawa untuk para Aremania yang menjadi korban dalam musibah Kanjuruhan tadi malam. Semoga kepada keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan," imbuhnya.Sebagai langkah lanjutan, Gilang Widya Pramana menginstruksikan jajaran manajemen Arema FC untuk berkoordinasi dengan pusat layanan kesehatan yang merawat para korban.Ia ingin Arema FC aktif untuk memastikan para korban mendapatkan pelayanan kesehatan yang semaksimal mungkin.Ia pun mengatakan Arema FC akan menanggung seluruh biaya perawatan para korban."Kami meminta agar diberikan pelayanan yang maksimal dalam penanganan korban luka-luka dan meminta pusat-pusat kesehatan untuk menyampaikan pembiayaannya kepada manajemen Arema," jelasnya.Instruksi kedua, ia meminta jajarannya untuk mendukung penuh investigasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian terkait insiden tersebut serta bersikap kooperatif untuk mempercepat proses penyidikan."Kami juga mendukung penuh pengusutan yang dilakukan pihak kepolisian, dan memohon pihak-pihak untuk menahan diri sampai benar-benar ketemu titik terang permasalahannya," pungkasnya.