Upaya Pencegahan Narkoba: Peran Aktif Masyarakat Jakarta Selatan dalam Melindungi Generasi Muda

19 September 2023 17:18 WIB·26
warga-tanya-polisi-cara-cegah-anak-terjerumus-narkoba-begini-tips-polisi_169.jpeg

KuatBaca.com - Meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba menjadi keprihatinan serius bagi warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

1. Pentingnya Pengawasan Orang Tua

Banyak di antara mereka yang khawatir dengan kecenderungan generasi muda yang terlibat dalam penyalahgunaan zat berbahaya tersebut. Memahami kekhawatiran tersebut, Kapolsek Pesanggrahan, Kompol Tedjo Asmoro, memberikan beberapa saran penting kepada masyarakat.

Salah satu poin yang ditekankan oleh Kompol Tedjo adalah pentingnya pengawasan orang tua terhadap kebiasaan merokok anak-anaknya. Menurutnya, merokok bisa menjadi pintu awal bagi seseorang untuk mencoba narkoba jenis sinte.

"Penting bagi kita semua untuk memperhatikan dan mengenali tanda-tanda perubahan perilaku pada anak-anak, terutama jika mereka mulai merokok. Hal kecil ini bisa menjadi awal dari perilaku yang lebih berbahaya," ungkap Kompol Tedjo.

Pentingnya komunikasi antara orang tua dan anak juga menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dengan pendekatan dan komunikasi yang baik, orang tua dapat memberikan pemahaman dan perlindungan kepada anak-anak mereka dari ancaman narkoba.

"Orang tua dan keluarga memiliki peran krusial dalam melindungi generasi muda dari bahaya narkoba. Memahami dan mendekati mereka dengan kasih sayang dapat menjadi langkah awal yang efektif," tambah Kompol Tedjo.

2. Pemasangan CCTV

Selain itu, Kompol Tedjo juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Penggunaan teknologi, seperti pemasangan CCTV di berbagai titik strategis di wilayah Pesanggrahan, dinilai mampu meningkatkan efektivitas pengawasan dan mencegah aksi kriminal.

"Kerja sama dan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya harkamtibmas telah membuktikan hasil positif. Dalam empat bulan terakhir, kami mencatat bahwa tidak ada laporan tindak kejahatan di lingkungan RW 012 Bintaro," ujar Kompol Tedjo.

Sebagai upaya tambahan, pihak kepolisian juga mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi layanan call center 110 apabila memerlukan bantuan atau melaporkan aktivitas mencurigakan.

Pencegahan narkoba dan kriminalitas memerlukan kerja sama antara kepolisian dan masyarakat. Dengan kepedulian, komunikasi yang baik, serta kolaborasi yang erat antara berbagai pihak, diharapkan Jakarta Selatan, khususnya Pesanggrahan, bisa menjadi wilayah yang lebih aman dan terbebas dari ancaman narkoba serta tindak kriminal lainnya.(*)

Fenomena Terkini






Trending