Tokek Jenis Baru Punya Kemampuan Kamuflase Super, Susah Ditemukan

21 August 2023 16:30 WIB·95
gecko-1_169.webp

Kuatbaca.com-Para ilmuwan menemukan jenis gecko alias tokek terbaru yang punya kemampuan menyamar super.

1. Warna tubuhnya bisa berbaur dengan banyak spesies tanaman sehingga sulit ditemukan.

Tokek ini berasal dari Madagaskar, Afrika, dan merupakan jenis gecko baru yang belum teridentifikasi sebelumnya. Dr Frank Glaw, penulis utama dari studi ini, sekaligus kurator herpetologi di Bavarian State Collection of Zoology, mengatakan spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 2000.

"Tetapi kami membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan informasi yang cukup untuk menggambarkannya dengan percaya diri sebagai spesies baru," ujar Dr Glaw.


Analisis yang cermat akhirnya mengarah pada kesimpulan bahwa gecko itu adalah spesies baru dan diberi nama Uroplatus garamaso.

Tokek tersebut terlihat sangat mirip dengan spesies Uroplatus henkeli, karena itu sulit sekali untuk membuktikan bahwa hewan ini adalah spesies terbaru. Bisa dibilang, gecko jenis ini sempat menjadi seekor 'spesies samar'. Nah, langkah yang bisa dilakukan untuk menentukannya adalah dengan melakukan taksonomi.

Tujuannya tidak lain agar lebih mudah untuk mengenali berdasarkan kemiripan atau perbedaan bentuk yang tampak.

Taksonomi menggabungkan pengumpulan data genetik, morfologi, dan distribusi untuk lebih memahami di mana menempatkannya di pohon keluarga tokek. Analisis yang cermat akhirnya mengarah pada kesimpulan bahwa gecko itu adalah spesies baru dan diberi nama Uroplatus garamaso.

Detail penting ada di ujung lidah mereka. Sebab, diketahui bahwa U. henkeli memiliki lidah berujung hitam, sedangkan U. garamaso berwarna merah muda.

Penampakan Uroplatus garamaso saat bergerak.(*)

Fenomena Terkini






Trending