Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Porsi Makan

19 September 2023 17:56 WIB·16
63e8deed4cbe2.jpeg

Kuatbaca.com-Menurunkan berat badan kerap dianggap identik dengan pembatasan porsi makan. Namun, para ahli gizi dan diet mengungkapkan bahwa ada cara lebih sehat untuk mencapai berat badan ideal tanpa perlu menyiksa tubuh.

1. Prioritaskan Asupan Protein

  

  Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup ternyata mempunyai dampak signifikan terhadap penurunan berat badan. Angie Asche, seorang ahli diet olahraga, menyatakan bahwa protein tidak hanya membantu memelihara jaringan otot, tetapi juga memastikan metabolisme tetap optimal saat membakar lemak. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengurangi lemak sambil meningkatkan kekuatan otot, memperbanyak asupan protein adalah solusinya. Penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikonsumsi dengan tepat dapat meningkatkan pengeluaran energi.

2. Serat, Sahabat Berat Badan Anda

  

  Selain protein, serat juga memegang peranan penting dalam menjaga berat badan. Makanan berserat, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Lebih dari itu, serat memberi manfaat bagi mikrobioma usus yang berkaitan dengan berat badan sehat.

3. Fokus pada Makanan Utuh

  Saat menjalani program diet, bukan hanya jenis makanan yang perlu diperhatikan, tetapi juga kualitasnya. Ahli diet, Jaclyn London, menekankan pentingnya mengonsumsi makanan utuh. Misalnya, memilih sayuran hijau sebagai bagian utama dari porsi makan Anda. Ini tidak hanya akan memberi Anda nutrisi yang seimbang, tetapi juga membantu mencegah berbagai penyakit.

4. Defisit Kalori, Perlukah?

  Mungkin Anda sering mendengar tentang pentingnya defisit kalori dalam diet. Namun, menurut sumber dari Healthline, defisit kalori bukanlah hal wajib asalkan Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, lemak, dan serat yang seimbang. Yang paling penting adalah mengonsumsi kalori sesuai kebutuhan tubuh dan pastikan Anda mendapatkan anjuran dari dokter atau ahli gizi sebelum memutuskan mengurangi asupan kalori Anda.(*)

Fenomena Terkini






Trending