Sekitar Lima Hektar Lahan yang Terbakar di TPA Jatibarang, Tiga Petugas Damkar Dilarikan ke Rumah Sakit karena Sesak Napas

19 September 2023 18:42 WIB·25
6509139030be8.jpg

Kuatbaca.com- Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sekitar lima hektar lahan pasif yang terbakar di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jatibarang.

Hal itu membuat petugas pemadam kebakaran bekerja keras untuk memadamkan api yang berasal dari tumpukan sampah tersebut.

1. Tiga petugas pemadam kebakaran dilarikan ke rumah sakit karena sesak napas.

Kabid Operasional dan Penyelamatan Penyelamatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Untung Sugiono membenarkan sejumlah petugas mendapatkan perawatan karena sesak nafas.

"Petugas sesak napas ada tiga," jelasnya saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (19/9/2023).

Dia menjelaskan, tiga petugas pemadam kebakaran yang mengalami sesak napas itu terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Saat ini ketiganya sudah dipulangkan ke rumah," paparnya.

Menurutnya, berkat aksi kerja keras petugas pemadam kebakaran tersebut kebakaran di TPA Jatibarang berhasil padam sekitar pukul 03.00 WIB.

"Kalau padam sekitar pukul 03.00 WIB. Sampai pukul 08.00 WIB dilakukan pendinginan," paparnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah lebih dari 90 persen kebakaran yang terjadi di TPA Jatibarang sudah berhasil dipadamkan. "Tinggal yang kecil-kecil saja, itu hal biasa," paparnya.

Aktivitas bongkar sampah di TPA Jatibarang saat ini juga sudah kembali normal. Meski sudah dinyatakan padam, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih bersiaga di lokasi.

"Sekarang sudah dibuka, tapi yang wilayah selatan ya yang dibuka. Aktivitas di TPA Jatibarang juga sudah mulai normal," imbuh Untung.(*)

Fenomena Terkini






Trending