Nyali 'Kuda' Jaringan Fredy Pratama di Balik Ratusan Kg Sabu Masuk Indonesia

17 September 2023 20:42 WIB·14
kif-operator-jaringan-narkoba-freddy-pratama_169.jpeg

Kuatbaca.com-Operator jaringan sekaligus 'tangan kanan' Fredy Pratama, Muhammad Rivaldo Miliandri G Silondae alias Kif berperan memasukkan ratusan kilogram sabu ke Indonesia setiap bulannya.

1. Kif terbilang memiliki keberanian 'kuda'.

Dirresnarkoba Polda Lampung Kombes Erlin Tangjaya mengungkapkan, biasanya Kif memasok 100-500 kilogram sabu per bulan. Ratusan kilo sabu ini tidak langsung dikirim bersamaan, tetapi dibagi-bagi tergantung berapa banyak kurir mau membawa.

"Bahwa jaringan ini mengirimkan per bulan bisa sampai segitu tergantung keberanian kuda atau kurir yang ditugaskan, mau berapa banyak dalam sekali kirim. Jadi ratusan kilogram sabu ini nanti mereka pecah mulai dari 5, 20, 60, hingga 100 kilogram," jelas Erlin, Sabtu (16/9/2023).


Modusnya, lanjut Erlin, adalah dengan menggunakan berbagai kamuflase. Rata-rata dimasukkan ke dalam barang elektronik.

"Bermacam-macam modusnya. Ada yang disimpan di AC portabel, ada juga yang dimasukkan ke mesin cuci dan sebagainya," jelasnya.

Kif sendiri diketahui telah bertugas sebagai operator di jaringan narkoba Fredy Pratama selama 2 tahun. Ia memegang wilayah Indonesia, khususnya Sumatera dan Jawa.

"Dari hasil pemeriksaan, Kif ini bekerja sebagai operator jaringan ini sudah dua tahun. Menurut keterangan Kif, setiap bulan itu masukkan barang (sabu) 100 hingga 500 kilogram," terang Erlin.(*)

Fenomena Terkini






Trending