Keseruan Belajar di TK Gudang Peluru yang Terjamin Akan Tetap Berdiri

18 September 2023 21:10 WIB·29
tk-gudang-peluru-jakarta-selatan-19-september-2023-fitrya-anugrah-kusumamagang-detikcom-3.jpeg

Kuatbaca.com - TK Gudang Peluru, yang terletak di jantung Taman Gudang Peluru, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, kini berdiri tegap. Terdengar gelak tawa anak-anak saat proses belajar mengajar berlangsung, menjadi salah satu bukti bahwa kegiatan pendidikan tetap berjalan meski sempat ada kekhawatiran soal potensi penggusuran.

1. Aktivitas Belajar TK tetap Berlangsung

Dalam kunjungan pada Senin (18/9/2023), bisa terlihat bagaimana aktivitas belajar di TK ini berlangsung dengan penuh semangat. Sebanyak 13 siswa tampak serius memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya, duduk menghadap papan tulis di sebuah ruang kelas yang luasnya sekitar 3x7 meter.

Meski sederhana, ruangan tersebut terlihat hidup dengan meja berwarna biru dan kursi merah yang ditata rapi. Dinding ruangan dihiasi dengan berbagai dekorasi, foto, serta lambang Garuda yang menjadi simbol kebangsaan.

Selain itu, suasana sekitar TK pun tampak asri dan nyaman. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya memberikan keteduhan, sementara dedaunan berserakan di tanah, menandakan kealamiannya. Tidak ada jejak sampah plastik, menunjukkan kesadaran lingkungan yang baik dari warga sekitar. Meski berlokasi di tengah perumahan, jalanan di sana tampak sepi, memberikan ketenangan bagi proses belajar mengajar.

Tidak hanya menjadi tempat belajar, TK Gudang Peluru juga memiliki nilai strategis bagi masyarakat sekitar. Selain posisinya yang sangat strategis, biaya pendidikan di sini juga terjangkau, membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak wali murid.

Namun, di balik kesibukan dan keseruan belajar ini, sempat ada kecemasan mengenai rencana revitalisasi Taman Gudang Peluru yang mungkin berdampak pada kelanjutan operasional TK ini.

2. Tidak Akan Digusur

Kecemasan itu segera dijawab oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, yang menegaskan bahwa tidak ada rencana penggusuran untuk TK ini. Bahkan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut andil dalam upaya memastikan bahwa TK di tengah taman tersebut tetap beroperasi.

Heru Budi Hartono, dalam sebuah pernyataannya, menekankan bahwa sejak awal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memiliki niat untuk menggusur.

"Tidak ada niatan itu (penggusuran) sejak awal. Pemerintah DKI hanya ingin memperbaiki fasilitas yang ada agar lebih baik dan terawat," ungkapnya.

Heru, yang mengenal lingkungan Gudang Peluru sejak tahun '80, menambahkan, "Saya memiliki kedekatan dengan Gudang Peluru. Jadi, penggusuran? Tidak mungkin terjadi."

Mengingat pentingnya pendidikan bagi generasi muda, kepastian dari pihak pemerintah ini tentu menjadi angin segar bagi wali murid dan masyarakat sekitar. TK Gudang Peluru bukan hanya sekedar institusi pendidikan, melainkan juga menjadi bagian dari sejarah dan kekayaan budaya masyarakat di sekitarnya.(*)

Fenomena Terkini






Trending