Kebakaran Museum Nasional: Asap Masih Mengepul dan Puing-Puing di Lokasi

17 September 2023 18:54 WIB·31
65065ffae7c64.jpg

KuatBaca.com - Minggu pagi di Museum Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, terasa berbeda. Bekas kebakaran yang terjadi di Gedung A masih meninggalkan jejak. Sebuah asap tipis mengepul dari puing-puing yang tersisa, menjadi saksi bisu dari insiden yang terjadi sehari sebelumnya.

1. Kerugian Artefak Bersejarah

Jika Anda melintas di depan gerbang Museum Nasional, yang kerap disebut Museum Gajah oleh warga lokal, Anda pasti akan merasakan aroma khas bau hangus yang masih menyeruak. Meski bencana tersebut tidak merenggut korban jiwa, kerugian material, terutama artefak bersejarah, tentu tak terhitung harganya.

Ketika matahari baru saja menampakkan sinarnya, sekitar pukul 09.00 WIB, aktivitas di lokasi kebakaran terlihat begitu padat. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran masih berdiri dengan gagah di luar gerbang museum.

Para petugas berlarian sana-sini, berupaya memastikan tidak ada titik api yang mungkin muncul kembali dari puing-puing tersebut. Menurut informasi dari seorang saksi yang berada di lokasi saat kejadian, asap telah mengepul sejak dini hari, menjadi pertanda bahwa petugas pemadam kebakaran masih harus berjaga-jaga.

Kemudian, ada tim lain yang turut bergerak cepat di lokasi tersebut. Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) mulai melakukan tugasnya. Mereka mengumpulkan bukti dan informasi yang mungkin bisa memberikan gambaran tentang penyebab kebakaran tersebut. Setiap detail penting, dari sekecil apapun, diperiksa dengan cermat untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada malam kebakaran.

2. Pemadaman Memakan Waktu 3,5 Jam

Diperkirakan, kebakaran besar tersebut bermula pada Sabtu malam dan memakan waktu sekitar 3,5 jam sebelum akhirnya bisa dipadamkan sepenuhnya.

Kesigapan petugas pemadam kebakaran tentu layak diapresiasi. Mereka mengerahkan 14 unit mobil pemadam kebakaran dan 56 personel yang bekerja keras memadamkan api untuk menyelamatkan bagian lain dari museum yang kaya akan peninggalan sejarah.

Sebagai salah satu ikon Jakarta, Museum Nasional memiliki koleksi bersejarah yang tak ternilai harganya. Meski berita kebakaran ini sangat disesali, kita berharap ini menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih menghargai dan melindungi warisan budaya bangsa.

Proses pemulihan mungkin akan memakan waktu, namun dengan semangat bersama dan dukungan penuh dari berbagai pihak, Museum Nasional diharapkan dapat segera bangkit dan kembali memamerkan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia.(*)

Fenomena Terkini






Trending