Inisiatif Peningkatan Kesadaran Pengelolaan Sampah dan Pelestarian Alam di Pasuruan

20 September 2023 05:56 WIB·34
64bfca57af21c.jpg

Kuatbaca.com - Salah satu tantangan lingkungan saat ini adalah pengelolaan sampah yang efektif. Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap hal ini, PT HM Sampoerna Tbk berkolaborasi dengan Yayasan Cempaka Education Center untuk menyelenggarakan pelatihan khusus di Hutan Cempaka, Pasuruan.

Yayasan Cempaka Education Center, yang didirikan pada 2016, berfokus pada penciptaan masyarakat yang mandiri, dengan dasar ekonomi yang kuat dan kesadaran lingkungan yang tinggi. Melalui kerja sama ini, pelatihan diberikan oleh Waste4Change, sebuah perusahaan terkemuka di bidang pengelolaan sampah yang telah memiliki jejak rekam sejak tahun 2014 di Bekasi.

Pelatihan yang diselenggarakan kali ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis.

Para peserta diberikan pemahaman praktis tentang bagaimana mengubah sampah menjadi sumber daya ekonomi. Misalnya, mengubah sampah dapur atau sampah rumah tangga lainnya menjadi kompos atau bahan daur ulang lainnya yang bernilai jual. Peserta pelatihan juga dilatih untuk memilah sampah dengan benar, membedakan antara sampah yang dapat dan tidak dapat diolah.

Salah seorang peserta, Nur Fatia Dwiyanti, mengungkapkan kekhawatirannya tentang dampak negatif sampah. Menurutnya, sampah telah menjadi sumber masalah utama di banyak rumah, mulai dari dapur hingga halaman depan, dan bau tidak sedap dari sampah seringkali mengganggu kenyamanan.

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan, Sampoerna juga mengadakan berbagai kegiatan lain di berbagai kota di Indonesia, termasuk dalam peringatan World Clean Up Day. Upaya ini menunjukkan keseriusan Sampoerna dalam mendorong kesadaran lingkungan dan bertanggung jawab atas limbah.

Tidak hanya berhenti pada pelatihan, Sampoerna juga menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian alam dengan memberikan bantuan sebanyak 110 bibit pohon buah. Bibit-bibit ini ditanam di sekitar Hutan Cempaka, sebagai simbol keberlanjutan dan harapan untuk masa depan yang lebih hijau.

Inisiatif-inisiatif seperti ini penting untuk mendorong perubahan positif di masyarakat. Melalui kolaborasi dan edukasi yang berkelanjutan, kita semua dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

(*)

Fenomena Terkini






Trending