Dewi Yull Bangga Anaknya Kontribusi di Dunia Pendidikan Tuli di AS

18 September 2023 01:16 WIB·18
6506c3dd630a2.jpeg

Kuatbaca.com - Penyanyi terkenal Dewi Yull baru-baru ini tidak dapat menyembunyikan kebanggaannya terhadap prestasi anaknya, Surya Sahetapy. Surya sukses meraih gelar Master of Science dalam bidang Pendidikan Menengah untuk Pendengaran Tuli dan Gangguan Pendengaran dari Rochester Institute of Technology, salah satu universitas ternama di Amerika Serikat.

Keberhasilan Surya tentu bukanlah sesuatu yang mudah dicapai.

Program studi yang ia tempuh memang khusus dan memerlukan dedikasi tinggi, mengingat fokusnya pada pendidikan untuk teman-teman yang mengalami gangguan pendengaran atau tuli. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Surya tidak memilih untuk beristirahat. Sebaliknya, ia langsung mengabdikan dirinya sebagai pengajar di kampus yang sama.

Dewi Yull, dengan penuh semangat, menggambarkan bagaimana Surya memilih bidang studi tersebut dengan tujuan mulia: memberikan pendidikan berkualitas bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus dalam pendengaran. Namun, Dewi Yull juga menyadari bahwa kesempatan untuk Surya berkontribusi di Indonesia masih terbentur dengan beberapa hambatan. Salah satunya adalah kurangnya kebijakan yang mendukung keberadaan dosen dengan kondisi pendengaran tuli. Selain itu, fasilitas pendukung, seperti juru bahasa isyarat yang tersertifikasi, masih sangat terbatas di Tanah Air.

Sebagai perbandingan, di negara seperti Jepang, setiap tahunnya berhasil menghasilkan ribuan juru bahasa isyarat yang tersertifikasi. Sementara di Indonesia, jumlahnya mungkin hanya mencapai belasan orang, meskipun Indonesia memiliki populasi yang jauh lebih besar. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Surya dan para profesional lainnya yang ingin berkontribusi dalam bidang pendidikan khusus.

Namun, harapan Dewi Yull tetap tinggi. Ia berharap, dengan keahlian dan dedikasi yang dimiliki oleh Surya, suatu saat nanti anaknya tersebut dapat berkontribusi lebih banyak untuk para teman tuli di Indonesia. Meski saat ini Surya tengah berkarya di Amerika Serikat, harapan untuk membawa perubahan positif di tanah kelahirannya tetap menyala.

Kisah Surya dan kebanggaan Dewi Yull menjadi inspirasi bagi banyak orang. Mereka menunjukkan bahwa dengan dedikasi dan tekad yang kuat, setiap orang dapat meraih prestasi dan berkontribusi untuk komunitas yang lebih luas. Semoga ke depannya, semakin banyak individu yang terinspirasi untuk mengembangkan diri dan membantu sesama, khususnya dalam bidang pendidikan inklusif dan pendidikan khusus di Indonesia.

(*)

Fenomena Terkini






Trending