Cara Membersihkan Panci Stainless Steel agar Tidak Berubah Warna

Oleh dino Sapto
19 September 2023 06:50 WIB·23
64eda54b1f611.jpg

Kuatbaca.com - Panci stainless steel menjadi favorit banyak orang karena mudah digunakan dan tidak membuat makanan lengket. Selain itu, panci stainless steel juga tidak mudah berkarat.

Namun demikian, panci stainless steel bisa berubah warna apabila tidak dibersihkan dengan baik.

Peralatan masak stainless steel dirancang untuk tahan terhadap korosi dan karat serta jauh lebih tahan lama dibandingkan panci dan wajan aluminium, jelas Rachael Kiss dari Alliance Online, dikutip dari Ideal Home, Senin (18/9/2023).

Namun, imbuh dia, membersihkan panci stainless steel cenderung menghasilkan perubahan warna seperti pelangi yang disebabkan oleh panas, sehingga pembersihannya sulit dilakukan.

Berikut cara membersihkan panci stainless agar tidak berubah warna dan tahan lama.

1. Cuci panci stainless steel dengan sabun dan air

Mungkin salah satu cara termudah untuk membersihkan panci stainless steel adalah dengan membersihkannya seperti yang Anda lakukan pada panci dan wajan lainnya, yakni menggunakan air dan sabun cuci piring.

Jade Piper, manajer operasional BetterCleans berkata, mulailah dengan mengisi bak cuci piring dengan air sabun hangat. Rendam panci stainless steel dan biarkan terendam selama beberapa menit untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel.

Gunakan spons atau kain lembut untuk menggosok residu dengan lembut, pastikan mengikuti butiran stainless steel. Bilas sampai bersih dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap untuk mencegah noda air.

2. Gunakan soda kue dan cuka

Jika Anda mencari alternatif yang lebih kuat, sebaiknya gunakan soda kue dan cuka. Ini bukan hanya salah satu opsi terbaik untuk membersihkan bak cuci piring stainless steel, namun juga memberikan hasil yang luar biasa pada panci dan wajan stainless steel.

Untuk membersihkan dasar panci dan wajan stainless steel, Anda memerlukan soda kue, cuka, dan sabut gosok atau sikat yang lembut, ujar Claire Douglas dari Claire Douglas Styling.

Pertama, taburkan soda kue ke dasar panci dan wajan yang sedang Anda bersihkan. Langkah selanjutnya adalah menuangkan sedikit cuka putih ke atas soda kue dan menggosoknya.

Setelah 10 sampai 15 menit, tuangkan lebih banyak cuka putih ke dasar panci, karena ini akan menetralkan sisa soda kue. Bilas dengan banyak air dingin dan tampilkan stainless steel yang bersih dan mengilap.

3. Gunakan air perasan lemon dan garam

Jika Anda pernah panci stainless steel gosong, Anda pasti tahu bahwa itu bisa menjadi mimpi buruk. Namun perlu diingat bahwa stainless steel mudah tergores, jadi Anda harus berhati-hati saat membersihkan panci gosong.

Stainless steel menghantarkan panas dengan sangat baik. Yang terbaik adalah memasak dengan api kecil hingga sedang agar makanan tidak lengket dan menimbulkan noda, saran Ava Wilson dari Unclutterer.

Air perasan lemon dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada peralatan masak stainless steel, sedangkan sifat garam yang abrasif membantu menggosok dengan lembut, tutur Kiss.

Potong lemon menjadi dua, taburkan banyak garam di area tersebut, dan peras lemon di atas garam hingga menjadi lembap.

Gunakan lemon untuk menggosok garam dengan gerakan memutar. Berikan sedikit tekanan jika diperlukan.

Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 5 sampai 10 menit untuk membantu menghilangkan noda, gosok kembali dengan garam dan lemon, bilas hingga bersih, dan keringkan.

(*)

Fenomena Terkini






Trending