Apa Fungsi "Masa Tunggu" dalam Produk Asuransi?

Oleh Wasis Sapto
10 January 2023 18:54 WIB·97
62dd674bdccd7.jpg

JAKARTA - Produk asuransi jiwa dan kesehatan lazim memiliki ketentuan masa tunggu (waiting period) di dalam ketentuannya.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan, masa tunggu sendiri memiliki beberapa fungsi dan manfaat untuk perusahaan asuransi dan nasabah asuransi.

"Ketentuan masa tunggu dilakukan untuk menghindari niat tidak baik yang dilakukan oknum masyarakat melalui pembelian produk asuransi," ujar dia kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Ia menjelaskan, ketentuan masa tunggu juga dapat mempermudah proses underwriting jadi lebih cepat. Proses underwriting disebut juga proses penilaian risiko yang dapat diterima perusahaan asuransi dan menentukan besaran premi.

Tak hanya itu, Togar menjelaskan, masa tunggu juga memberikan manfaat kepada calon nasabah. Pasalnya nasabah memiliki kemungkinan untuk tidak perlu melakukan proses pengecekan kesehatan atau medical check up.

"Dengan begitu proses penutupan asuransinya bisa lebih cepat dan preminya bisa lebih murah," imbuh dia.

Namun begitu, Togar menekankan, calon nasabah perlu benar-benar memahami ketentuan pada kondisi tersebut.

Adapun untuk mengantisipasi adanya penolakan klaim terkait dengan masa tunggu ini, Togar bilang, masyarakat harus bersikap jujur dalam mengisi formulir pengajuan asuransi jiwa.

Hal ini bertujuan agar proses underwriting oleh perusahaan dapat menghasilkan ketentuan yang berimbang untuk nasabah dan perusahaan asuransi.

"Hasil underwriting juga akan dituangkan ke dalam polis dan menjadi pertimbangan utama saat pengajuan klaim," kata dia. 

Togar berpesan, masyarakat perlu untuk mengidentifikasi kebutuhan proteksinya sebelum menetapkan produk asuransi yang akan dibeli. Dengan begitu, manfaat asuransi aakan lebih maksimal sesuai kebutuhannya.

"Calon nasabah juga wajib membaca dan memahami isi polis dalam jangka waktu free look period yang diberikan oleh perusahaan, sehingga tidak menimbulkan perselisihan pada saat pengajuan klaim," tandas dia.

Fenomena Terkini






Trending