Wapres Resmikan Renovasi Masjid Raya Baiturrahman Semarang-Gedung MUI Jateng

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 19:22

Jakarta - Selepas dari Kalimantan Tengah (Kalteng), Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya ke Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Di sini Ma'ruf meresmikan renovasi Masjid Raya Baiturrahman, Semarang, sekaligus meresmikan gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng.


Ma'ruf dan rombongan hadir di Masjid Raya Baiturrahman, Semarang, Jumat (23/9/2022). Turut hadir mendampingi Ma'ruf di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.


Pada awal sambutannya, Wapres Ma'ruf mengapresiasi Menteri Basuki yang mengawal Kementerian PUPR melakukan renovasi dan penataan Masjid Raya Baiturrahman, Semarang, dengan anggaran Rp 92,58 miliar mulai Agustus 2021 hingga Agustus 2022.


"Saya menyampaikan bangga dan apresiasi, terutama kepada Menteri Perumahan Rakyat. Ini beliau ini memang tukang membuat masjid bagus," kata Ma'ruf disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Wapres Ma'ruf Amin meresmikan renovasi Masjid Raya Baiturrahman sekaligus meresmikan gedung MUI Jateng.


Menurutnya, peran masjid sangatlah penting tidak hanya sebagai sarana ibadah ritual, seperti salat dan membaca Al-Qur'an, namun juga pilar pembangunan sivilisasi Islam.


Bagi kaum muslimin, masjid terbukti menjadi pusat aktivitas umat Islam, mulai tempat peribadahan hingga wadah kegiatan komunitas lainnya. Karena itu, Ma'ruf mengajak umat memakmurkan masjid dengan dakwah, pendidikan, dan kegiatan sosial, seperti pembagian zakat, kurban, penyelenggaraan acara pernikahan, diskusi masalah umat, dan sebagainya.


"Saya berharap, setelah masjid ini dibangun, dimakmurkan. Tidak hanya tempat salat, tapi tempat berbagai kegiatan keislaman. Tempat pengkajian, tempat konsultasi, tempat pemberdayaan, tempat pengembangan," ujarnya.


"Walhasil, masjid ini harus menjadi pusat pembinaan masyarakat di sekitarnya dan memang saya mengharap di Indonesia ini jangan ada setapak tanah pun yang bebas dari pengaruh masjid. Jadi masjid harus punya pengaruh, punya yurisdiksi di wilayah sekitarnya dalam rangka membangun masjid," sambung Ma'ruf.


Pada kesempatan yang sama, Wapres Ma'ruf juga sekaligus meresmikan Gedung Dr KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh sebagai kantor MUI Jateng. Ma'ruf menyebut penamaan gedung itu sudah sesuai karena baginya almarhum KH Sahal Mahfudh adalah sosok ulama panutan.


Ma'ruf berharap, dengan adanya gedung baru itu, seluruh pimpinan dan anggota serta keluarga besar MUI Jateng semakin termotivasi dan menggelorakan semangat membangun masyarakat. MUI juga diminta Ma'ruf meningkatkan kontribusi nyata pada penuntasan berbagai isu sosial dan ekonomi.


Dalam agenda kunker Wapres Ma'ruf Amin ini, turut hadir Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Mustika, Staf Khusus Wapres bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Umum Masykuri Abdillah, serta Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.






Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6307783/wapres-resmikan-renovasi-masjid-raya-baiturrahman-semarang-gedung-mui-jateng?single=1


Tag :

Informasi