Kunci di Perut Bocah Indramayu Sudah Keluar, Diduga Lewat BAB

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 20:52

Jakarta - Pemberitaan bocah di Indramayu menelan kunci gembok menarik perhatian TNI Angkatan Laut (AL). Untuk memastikan korban Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom baik-baik saja, tim medis TNI AL membawa Zul ke Jakarta.


Dilansir dari keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AL, Jumat (23/9/2022), bocah 9 tahun itu lalu mendapat penanganan tim oleh tim medis dari RSAL dr Mintohardjo. Zul diantar oleh ambulans dan mobil Pomal Lanal Cirebon ke Jakarta.


Tim Kesehatan Lanal Cirebon yang membawa Zul dipimpin Letda Laut (K) dr Rudy Kaprisyah. Setibanya di RSAL Mintohardjo, Zul sempat dijenguk Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono.


Kedatangan Zul juga disambut langsung Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Sapta Prihartono Rachman didampingi Wakamed Kolonel Laut (K) dr Dede dan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K) dr Pribadi Ari. Terlihat Zul ditemani sang ibunda Nina Listiana dan Bupati Indramayu.


Karumkit RS TNI AL dr Mintohardjo lalu memerintahkan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K) dr Pribadi Ari memberikan penanganan langsung terhadap pasien lewat tindakan operasi.


"Namun hari ini, ketika pemeriksaan terakhir dilaksanakan sebelum pelaksanaan operasi, anak kunci tersebut sudah tidak ditemukan lagi keberadaan. Kemungkinan karena hari ini sudah hari yang ke-7, anak kunci sudah keluar saat si anak buang air besar," jelas Kolonel Pribadi.


Kini tim medis menunda operasi terhadap Zul setelah anak kunci tak terdeteksi lagi di dalam tubuhnya. Dokter menduga anak kunci yang tertelan Zul sudah keluar lewat feses.


Penanganan medis yang dilakukan oleh para tenaga Kesehatan TNI AL ini sebagai wujud kepedulian dan pengaplikasian kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, yang selalu memberikan penekanan agar keberadaan prajurit TNI AL di mana pun dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekelilingnya.


Zul (9), bocah yang tak sengaja menelan kunci gembok dibawa ke RSAL Mintohardjo. (dok. Dinas Penerangan AL)Baca juga: Ngeri! Bocah Indramayu Telan Kunci Gembok Sambil Asyik Main HP


Zul Telan Kunci saat Tiduran Sambil Main HP

Seperti diketahui Zul menelan kunci gembok saat menunggu kakaknya, Rabu (14/9/2022) malam. Menurut Zul, tenggorokannya terasa sakit saat kunci itu tertelan.


"Sambil nunggu Kakak pulang, aku lagi tiduran di kamar sambil main HP sama pegang kunci, namun aku gigit-gigit, terus ketelen," cerita Zul santai saat didatangi detikJabar.


Ibunda Zul, Nina Listiyana (40), pun panik. Ia langsung memberikan minum kepada Zul sebelum berangkat mencari pertolongan medis.


"Awalnya saya suruh tidur karena kan sudah malem, besoknya sekolah. Terus pas denger Zul (tak sengaja) telan kunci gembok, langsung diberi air minum," kata Nina.


Demi kesembuhan Zul, Nina mencoba membawa putranya ke salah satu dokter terdekat. Kemudian ia harus merujuk putranya ke RSUD Indramayu.


"Panik, Mas. Saya kasih minum dulu, terus ke dokter naik becak, tapi kata dokter harus ke rumah sakit," lanjut Nina.


Berdasarkan hasil rontgen yang dilakukan RSUD Indramayu sebelumnya, kunci berukuran sekitar 3x1,5 sentimeter itu berada di dalam usus Zul, dengan posisi horizontal di sekitar paru-parunya.





Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6308418/kunci-di-perut-bocah-indramayu-sudah-keluar-diduga-lewat-bab?single=1


Tag :

Informasi