Foto Remaja Irjen Ferdy Sambo Karya Agan Harahap

11 August 2022 20:08 WIB·171
foto-rekayasa-irjen-ferdy-sambo-karya-agan-harahap_11.jpeg

Jakarta - Pembahasan mengenai Irjen Ferdy Sambo yang diumumkan sebagai tersangka sekaligus dalang pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J jadi sorotan sepanjang sebulan terakhir. Sosok Ferdy Sambo terus menerus dibicarakan.

Tapi tahukah kamu bagaimana wajah Irjen Ferdy Sambo ketika muda? Seniman visual Agan Harahap mewujudkan imajinasi publik kala Ferdy Sambo remaja melalui foto rekayasanya.

Dalam rancangan fotonya, Agan menampilkan sosok Ferdy Sambo dengan potongan kepala cepak dan berseragam SMA. Tampak senyum tipis Ferdy Sambo dalam foto tersebut.


Agan hanya memasukkan satu kalimat sebagai narasi fotonya, "Saya selalu ciptaan Tuhan menyampaikan permohonan maaf."

Gara-gara foto tersebut, masyarakat umum mengomentarinya dengan beraneka ragam. Ada yang memplesetkan nama Ferdy Sambo sampai geram dengan kasus penembakan hingga pembunuhan terencana yang terkuak baru-baru ini.

"Jaman ikut pensi sma," ucap @lulut_ret***.

"Ferdy Sambodat atau Ferdy Samborjong. #hanyaorangmedanyangpaham," balas @marsonang_r***.

Irjen Ferdy Sambo Foto: dok. istimewa

Agan Harahap mengatakan setelah diumumkannya Ferdy Sambo sebagai tersangka, pastinya publik akan penasaran dengan masa lalu dan latar belakangnya. "Pasti akan ada yang kulik, jadi gue siapin saja fotonya menggunakan aplikasi FaceApp," ungkapnya ketika dihubungi detikcom, Kamis (11/8/2022).

Dia memakai aplikasi FaceApp dari foto profil Ferdy Sambo yang beredar di media sosial. Tahap kedua adalah merapatkan pixel dan ketiga mulailah tahap meremajakan foto wajahnya. Khusus untuk foto remaja Ferdy Sambo, Agan sengaja tidak menggunakan 'narasi' seperti karya-karya lainnya.

"Serem karena ujung-ujungnya mengikuti kasus ini harus pakai hati. Buat apa bikin narasi panjang-panjang, tanpa itu semua, kalimat pendek itu sudah menjelaskan 'Sambo banget'," katanya.

Menurut penuturan Agan, kasus yang bermula dari dugaan polisi tembak polisi sampai terkuak fakta pembunuhan terencana, peristiwa ini susah untuk disikapi.

"Gue nggak bisa nemu jokes-nya. Biasanya gue menemukan jokes dari kekalutan peristiwa, akhirnya harus pakai hati sama kasus ini. Sebulan di angkringan depan sekolah anak gue ngomongin ini terus, hari ini ada apa, 25 polisi yang dicopot sampai jadi tersangka. Update terus setiap hari. Gue nggak nemu jokes-nya dari peristiwa, prihatin saja," pungkasnya.

Fenomena Terkini






Trending