4 Cara Menciptakan Kamar Tidur Ramah Anak yang Aman dan Nyaman

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 16:04

JAKARTA – Kamar tidur ramah anak adalah kamar tidur yang dapat membuat sang buah hati merasa aman ketika berada di dalamnya.


Hadirnya perasaan aman dapat membuat anak-anak merasa nyaman dan tidak stres, yang dapat membuat kurang baik untuk tumbuh kembangnya.


Sebab, kamar tidur tidak hanya menjadi tempat tidur dan beristirahat, tapi juga ruang bermain dan belajar bagi anak.


Ada beragam cara menciptakan kamar tidur ramah anak, salah satunya menghadirkan elemen-elemen yang membuatnya senang seperti menambahkan fitur menarik di bawah tempat tidur bagi mereka yang takut ruangan gelap. 


Dilansir dari House Digest, Jumat (23/9/2022), berikut cara menciptakan kamar tidur anak yang terasa aman dan nyaman. 


Tambahkan banyak pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor penting dalam menghadirkan perasaan aman dan nyaman di kamar tidur anak. Menjaga ruangan cukup terang dapat menghindari risiko anak menginjak mereka yang dapat melukai kakinya. 


Namun, kamar tidur ramah anak perlu memiliki fitur dimmer untuk memudahkan orang tua mengatur pencahayaan seperti meredupkannya guna menciptakan suasana tenang yang memudahkan anak tidur.


Hadirkan pula pencahayaan tugas seperti lampu meja atau lampu di area membaca. Ini bisa dimanfaatkan saat lampu plafon diredupkan.


Meski begitu, pencahayaan paling penting adalah sinar matahari. Hadirkan gorden tipis untuk memudahkan matahari memancarkan cahayanya ke dalam kamar tidur anak.


Jika memiliki lampu dengan kap atau penutup, pilih model kap lampu bermotif agar kamar tidur terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak.


Hindari warna yang terlalu energik

Warna cat yang dipilih sangat berkontribusi terhadap nuansa kamar tidur ramah anak. Pilih warna yang tidak terlalu energik agar mereka tidak terlalu terstimulasi dan mudah tidur.


Sebagai contoh, gunakan putih gading karena mereka bernuansa hangat dan netral sehingga anak-anak merasa tenang dan fokus saat mengerjakan tugas sekolah di dalam ruangan.


Jika ingin menghadirkan warna lainnya, cobalah hijau, biru, lavender, kuning, dan pink dalam rona pastel. Meski warna-warni, ini masih bernuansa tenang. 


Hadirkan elemen natural

Ternyata, elemen natural bisa membuat kamar tidur anak terasa aman dan nyaman. Coba hadirkan tema alam seperti safari, hutan, atau pantai yang mencakup mural pada dinding. 


Untuk tema safari atau hutan, misalnya, kamu bisa hadirkan mural pepohonan di dinding. Bisa pula mural bertema pegunungan. 


Elemen kayu dapat dihadirkan ke dalam kamar tidur anak melalui tempat tidur atau lemari kayu. Bisa pula elemen natural dihadirkan lewat pola bunga pada seprai atau wallpaper kamar tidur anak.


Tambahkan fitur yang empuk

Beberapa anak memiliki energi berlebih daripada anak lainnya seperti berlari atau berlompatan di kamar tidur.


Seperti disebutkan sebelumnya, kamar tidur ramah anak perlu memiliki rasa aman dan nyaman sehingga membuat si kecil merasa senang saat berada di dalam ruangan.


Supaya anak-anak bisa tetap aktif berkegiatan, tetapi tetap aman, tambahkan beberapa fitur empuk seperti selimut, beberapa bantal, atau boneka.


Lebih lanjut, barang-barang yang empuk dan lembut ini juga bisa dimanfaatkan anak untuk mendapatkan rasa aman saat sedang merasa takut akan sesuatu.






Sumber: https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/23/145100576/4-cara-menciptakan-kamar-tidur-ramah-anak-yang-aman-dan-nyaman?page=all


Tag :

Informasi