Kolaborasi Smartfren dan Telkomsat Menghadirkan Internet di Wilayah 3T dengan Teknologi Starlink

19 September 2023 03:52 WIB·49
smartfren.png

Kuatbaca.com - Smartfren Business melangkah lebih jauh dalam misi mereka untuk mendekatkan teknologi ke seluruh penjuru Nusantara dengan membidik wilayah yang selama ini dianggap tertinggal, terluar, dan terdepan atau dikenal dengan sebutan wilayah 3T. Kolaborasi dengan Telkomsat, salah satu anak usaha dari Telkom, menjadi langkah strategis Smartfren dalam mewujudkan visi tersebut.

Teknologi satelit, khususnya Starlink, menjadi pilihan Smartfren Business dalam menghadirkan solusi teknologi komunikasi di wilayah yang sulit dijangkau oleh konektivitas berbasis serat optik. Alim Gunadi, Chief Enterprises Business Officer Smartfren Business, menyatakan bahwa kebutuhan konektivitas di wilayah 3T memang sangat potensial. Namun, tantangannya adalah bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut dengan teknologi yang efektif dan efisien.

Dengan dukungan dari Telkomsat, Starlink diharapkan dapat menjadi jawaban atas tantangan tersebut.

Teknologi satelit Starlink yang merupakan bagian dari satelit low earth orbit (LEO) memiliki keunggulan berupa latensi yang rendah, sehingga penggunaan internet menjadi lebih responsif. Sebagai gambaran, Starlink mampu menawarkan latensi sekitar 100 ms, sementara teknologi lain seperti VSAT memiliki latensi yang berkisar antara 600-700 ms. Kecepatan respons yang cepat tentu saja memberikan pengalaman browsing yang lebih nyaman dan mulus bagi pengguna.

Keunggulan lain dari teknologi Starlink adalah fleksibilitasnya dalam mendukung berbagai kebutuhan telekomunikasi di wilayah 3T. Mulai dari pengoperasian alat pemantau jarak jauh, pengiriman pesan teks, hingga kebutuhan video call dengan kualitas tinggi. Semua ini dapat diakomodasi oleh Starlink dengan performa yang optimal.

Langkah kolaboratif ini semakin diperkuat dengan adanya kerjasama eksklusif antara Telkomsat dan Starlink yang telah dimulai sejak Juni 2022. Telkomsat, sebagai salah satu pemain kunci di industri telekomunikasi Indonesia, menggunakan Starlink sebagai bagian dari solusi backhaul untuk layanannya.

Kerjasama antara Smartfren Business dan Telkomsat ini tidak hanya menandai kemajuan teknologi di Indonesia, tetapi juga menjadi bukti nyata dari komitmen kedua perusahaan untuk mendorong inklusivitas digital di seluruh wilayah tanah air. Dengan terus berinovasi dan berkolaborasi, harapannya akses internet berkualitas dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di wilayah 3T, sehingga kesenjangan digital di Indonesia dapat semakin diperkecil.

(*)

teknologi

Fenomena Terkini






Trending