Keunggulan Teknologi eSIM dan Potensinya bagi Konsumen Indonesia

19 September 2023 04:38 WIB·28
esim_169.jpeg

Kuatbaca.com - Kehadiran teknologi eSIM di Indonesia tidak lagi dapat dihindari. Menjadi topik hangat di industri telekomunikasi, eSIM, yang dikenal juga dengan Embedded Subscriber Identity Module, dipandang sebagai revolusi terbaru dalam dunia operator seluler. Menggantikan peran kartu SIM fisik yang selama ini familiar di tangan pelanggan, teknologi eSIM menyajikan serangkaian manfaat yang tak terbantahkan.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah menjadi salah satu pelopor dalam memperkenalkan teknologi ini di Indonesia. Meski kartu SIM fisik masih menjadi pilihan mayoritas konsumen saat ini, Indosat menegaskan bahwa masa depan telekomunikasi ada pada eSIM. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran eSIM oleh Indosat pada Desember 2022.

Menurut Fahroni Arifin, SVP Head of Brand Management & Strategy IM3, teknologi eSIM tidak hanya menawarkan keunggulan bagi operator telco, tetapi juga bagi produsen perangkat. Dengan ekosistem yang lebih luas, eSIM dapat memberikan manfaat lebih bagi pengguna. Salah satunya adalah kemudahan dalam penggunaan multi-SIM. Dalam sebuah acara di Kemayoran, Jakarta, Indosat memperkenalkan kemampuan ini dengan menawarkan penggantian kartu SIM fisik menjadi eSIM tanpa biaya.

Keunggulan lain dari eSIM adalah kemampuannya untuk memberikan fitur dual-SIM pada smartphone tanpa hambatan.

Ini memberi peluang bagi pengguna untuk merasakan fleksibilitas dalam berkomunikasi. Selain itu, dengan adanya eSIM, perangkat dapat didesain dengan lebih efisien, mengurangi ketebalan, mengoptimalkan komponen, dan tentunya menawarkan harga yang lebih kompetitif.

Tidak hanya Indosat, beberapa operator seluler lainnya di Indonesia juga telah mengadaptasi teknologi eSIM. Smartfren dan XL Axiata adalah dua operator lain yang telah menyediakan layanan eSIM bagi pelanggan mereka. Sedangkan Telkomsel, salah satu operator terbesar di Indonesia, dikabarkan sedang menunggu kepastian regulasi dari pemerintah sebelum memulai layanan eSIM-nya.

Penyesuaian dengan teknologi eSIM juga tampaknya sudah dilakukan oleh produsen smartphone. Seperti iPhone 15 yang versi Amerikanya sudah sepenuhnya mendukung eSIM, dan tentunya hal serupa juga diharapkan akan muncul pada smartphone lainnya. Ini menunjukkan bahwa industri global telah melihat potensi besar dari eSIM sebagai solusi masa depan dalam dunia komunikasi.

Kesimpulannya, teknologi eSIM menjanjikan serangkaian manfaat yang dapat memaksimalkan pengalaman komunikasi bagi pengguna di Indonesia. Dengan dukungan dari operator-operator besar dan produsen perangkat, tidak diragukan lagi bahwa eSIM akan menjadi standar baru yang akan mendefinisikan masa depan industri telekomunikasi tanah air. Sebagai konsumen, kita tentunya dapat menantikan serangkaian inovasi dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

(*)

teknologi

Fenomena Terkini






Trending