Masih Diproses, Ini Cara Cek Status Penerima BSU 2022 Tahap Kedua

Oleh Kuatbaca - 17 September 2022 11:56

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah melakukan verifikasi data penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahun 2022 tahap kedua.


Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi menyampaikan, data calon penerima BSU tahap kedua telah diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.


“Saat ini kita sedang memverifikasi dan memvalidasi data dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK),” kata Anwar saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).


Ia menambahkan, pencairan BSU atau BLT subsidi gaji 2022 tahap kedua direncanakan selesai pada pertengahan minggu depan.


“(Pencairan BSU 2022 tahap kedua) kita rencanakan pertengahan minggu depan sudah tersalur semua, bagi (penerima) yang tidak ada masalah,” paparnya.


Adapun pencairan BSU atau BLT subsidi gaji tahap kedua akan diberikan kepada para pekerja yang memenuhi persyaratan dan mempunyai rekening bank himbara, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, BTN, dan BNI.


Cara cek status penerima BSU 2022 tahap kedua


Pengecekan status penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahap kedua bisa dilakukan melalui laman Kemnaker, kemnaker.go.id, dan website BPJS Ketenagakerjaan, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.


Laman BPJS Ketenagakerjaan, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id


Cara cek status penerima BSU 2022 melalui laman BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut:


Akses laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Di halaman utama, gulir ke bagian bawah dan akan tersedia fitur “Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?” Isikan NIK, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor handphone dan alamat email saat ini. Setelah seluruh data yang disikan benar, klik tombol “Lanjutkan”. Sistem akan mencari data sesuai yang Anda inputkan.


Jika data yang dimasukkan tersebut termasuk ke calon penerima BSU, maka akan muncul notifikasi seperti ini:


“Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Prose verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022”


Terkait dengan status penetapan sebagai penerima BSU 2022 dan penyaluran dana bantuan sebesar Rp 600.000 dapat diakses melalui laman kemnaker.go.id.


bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Tangkapan layar pemberitahuan sebagai calon penerima BSU 2022 di laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.idB


Laman Kemnaker, kemnaker.go.id Adapun cara cek status penerima BSU atau BLT subsidi gaji 2022 melalui laman Kemnaker sebagai berikut:


Akses laman https://kemnaker.go.id Untuk mengakses status penerima BSU harus mempunyai akun, sehingga lakukan pendaftaran jika belum memiliki akun. Setelah melengkapi pendaftaran akun, aktivasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone Masuk atau login menggunakan akun yang telah terdaftar, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi Cek pemberitahuan. Jika menjadi calon penerima BSU 2022, akan muncul notifikasi bahwa Anda terdaftar sebagai calon penerima BLT subsidi gaji tahun ini.


Nantinya, juga akan muncul pemberitahuan apabila dana BSU telah ditetapkan dan disalurkan melalui rekening masing-masing penerima. kemnaker.go.id Tangkapan layar notifikasi atau pemberitahuan mengenai penerima BSU atau BLT subsidi gaji 2022



Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/09/17/093122726/masih-diproses-ini-cara-cek-status-penerima-bsu-2022-tahap-kedua?page=all


Tag :

tata carabsu