Tips Praktis Hilangkan Bau Tidak Menyenangkan dari Sepatu Anda

Oleh Gabriel Umar
17 September 2023 02:48 WIB·84
641e774bcdcbe.jpg

Kuatbaca - Bau sepatu yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini biasanya terjadi akibat keringat berlebih pada kaki yang menyebabkan pertumbuhan bakteri dan kuman. Untuk Anda yang sering kali merasa terganggu dengan aroma tidak menyenangkan dari sepatu setelah beraktivitas seharian, ada beberapa solusi sederhana yang bisa Anda coba.

1. Manfaatkan Teh Hitam:

   Teh hitam ternyata bukan hanya nikmat diminum, tetapi juga efektif dalam mengatasi bau sepatu. Kandungan tanin dalam teh hitam dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau di sepatu. Anda hanya perlu merendam kantong teh dalam air panas selama beberapa menit, dinginkan, kemudian letakkan dalam sepatu selama satu jam. Pastikan untuk membersihkan sisa kelembapan dari teh tersebut setelahnya.

2. Garam Sebagai Solusi:

   Sepatu kanvas atau sneakers memang rentan mengeluarkan bau, apalagi jika digunakan tanpa kaus kaki. Trik sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menaburkan garam di dalam sepatu. Garam tidak hanya menghilangkan bau, tetapi juga menyerap kelembapan yang menjadi salah satu penyebab bau.

3. Keajaiban Minyak Esensial:

   Minyak esensial seperti kayu putih, cengkeh, atau tea tree dapat memberikan aroma segar pada sepatu Anda. Anda bisa meneteskan langsung ke dalam sepatu atau mengaplikasikannya pada kertas tissue dan menyimpannya dalam sepatu semalaman.

4. Alkohol Gosok untuk Disinfektan:

   Selain untuk mengurangi bau, alkohol gosok juga berfungsi sebagai disinfektan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat, mengingat sepatu adalah salah satu tempat yang rawan menjadi sarang kuman.

5. Bedak Bayi Sebagai Pencegah Bau:

   Sebelum Anda mengenakan sepatu, taburkan bedak bayi pada kaki Anda. Ini tidak hanya membuat kaki Anda tetap kering, tetapi juga mencegah bau tidak sedap.

Kesimpulannya, menghilangkan bau sepatu bukanlah hal yang sulit. Dengan bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah, Anda bisa menjaga sepatu agar tetap segar dan bebas dari bau yang mengganggu. Jadi, jangan biarkan bau sepatu menghambat kenyamanan Anda saat beraktivitas!

sosial budaya

Fenomena Terkini






Trending