Peningkatan Disiplin Berkendara Selama Operasi Zebra 2023 di Pandeglang

19 September 2023 00:00 WIB·17
7cf8536c-0ef5-4679-8b18-ccd6ee007e33_169.jpg

Kuatbaca - Pandeglang, sebuah daerah di Banten, kembali menjadi sorotan dengan dilaksanakannya operasi zebra maung 2023 oleh Satlantas Polres setempat. Operasi yang digelar dari tanggal 11 hingga 14 September 2023 ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya disiplin berkendara dan mengurangi pelanggaran di jalan raya.

Dalam rentang waktu tersebut, total 450 pengendara mendapatkan teguran dari petugas. Menariknya, 47 di antaranya dikenakan tilang berbasis elektronik atau E-TLE. Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Robby Rachman, menyoroti bahwa banyak pelanggaran dilakukan oleh pengendara roda dua, khususnya yang tidak menggunakan helm saat berkendara. Bahkan, beberapa pelajar juga tercatat menjadi bagian dari pelanggar tersebut.

1. Fokus Memberikan Teguran

Robby Rachman menekankan bahwa dalam operasi zebra kali ini, fokus utamanya adalah memberikan teguran sebagai upaya edukasi kepada masyarakat. Namun, bagi pelanggar yang melanggar aturan lalu lintas dengan serius, seperti melawan arah, berkendara melebihi kapasitas yang diperbolehkan, atau bahkan tidak menggunakan helm sama sekali, tetap akan dikenakan sanksi yang lebih berat.

"Kami percaya dengan pendekatan edukatif, masyarakat akan semakin menyadari pentingnya taat berlalu lintas. Namun, bagi yang melanggar aturan dengan serius, tentunya kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan tegas," jelas Robby.

Selain itu, dalam operasi zebra ini, polisi juga memfokuskan diri pada beberapa pelanggaran lainnya seperti pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan, menggunakan knalpot yang menghasilkan suara keras, hingga pengemudi yang masih di bawah umur.

Operasi zebra maung 2023 ini sendiri rencananya akan berlangsung hingga tanggal 24 September. Ini memberikan pesan kuat bahwa pihak kepolisian serius dalam upayanya meningkatkan keselamatan dan kedisiplinan berkendara di jalan raya.

Kampanye keselamatan jalan raya ini diharapkan mampu meminimalkan angka kecelakaan dan menanamkan kesadaran akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Melalui inisiatif seperti ini, Polres Pandeglang berharap masyarakat akan semakin memahami bahwa keselamatan adalah prioritas utama, dan patuh pada aturan adalah kunci untuk mencapai keselamatan bersama di jalan raya.

sosial budaya

Fenomena Terkini






Trending