Menhub Sebut Antusiasme Publik Terhadap Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Membludak

20 September 2023 01:22 WIB·17
65095f1acc045.jpg

Kuatbaca - Sejak peluncuran uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang dimulai pada 15 September 2023, animo masyarakat tampak begitu tinggi. Diketahui, uji coba ini diperuntukkan bagi masyarakat sekitar proyek KCJB pada awalnya dan kemudian dibuka untuk masyarakat umum pada 18 September 2023.

Uji coba ini, yang diselenggarakan hingga 30 September 2023, memberikan kesempatan bagi publik untuk merasakan perjalanan dengan kereta cepat secara gratis. Meskipun dengan kuota terbatas sebanyak 500 tempat duduk setiap perjalanannya, antusiasme masyarakat benar-benar tak terkendali.

1. Kagum Minat Masyarakat

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan kekagumannya terhadap tingginya minat masyarakat. Dalam sebuah pernyataan, beliau menyebutkan bahwa pendaftaran yang dibuka pada 17 September 2023 langsung penuh dalam sekejap.

Menhub Budi Karya juga mengambil kesempatan tersebut untuk mengajak masyarakat agar lebih memprioritaskan angkutan umum sebagai moda transportasi utama. Beliau mengingatkan tentang upaya Presiden Jokowi dalam mengembangkan infrastruktur transportasi publik, seperti MRT, LRT, dan kini kereta cepat sebagai bukti nyata kemajuan Indonesia dalam sektor transportasi.

Selama periode uji coba ini, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), sebagai operator kereta cepat, menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi setiap harinya. Ini berarti ada delapan perjalanan kereta yang beroperasi setiap hari selama periode uji coba.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk merasakan sensasi perjalanan dengan kereta cepat ini, pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi KCIC. Adapun pendaftaran tahap pertama telah dibuka pada 17 September 2023 untuk keberangkatan 18-24 September, sementara pendaftaran tahap kedua akan dibuka pada 24 September untuk keberangkatan 25-30 September 2023.

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini diharapkan menjadi tonggak baru dalam perjalanan kereta di Indonesia. Dengan kecepatan dan efisiensinya, diharapkan akan menjadi alternatif transportasi yang mampu mengurangi kemacetan di jalanan dan memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Dengan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, ini menunjukkan bahwa Indonesia siap untuk langkah maju dalam teknologi transportasi masa depan.

sosial budaya

Fenomena Terkini






Trending