Peluang Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo: Puan Maharani Sebut Mahfud Md sebagai Kemungkinan

18 September 2023 19:16 WIB·23
ganjar-duduk-bersama-mahfud-md_169.jpeg

KuatBaca.com - Dunia politik Indonesia semakin memanas menjelang pemilihan presiden tahun depan. Salah satu topik yang menjadi sorotan adalah siapa yang akan menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi calon presiden, termasuk di antaranya kemungkinan calon yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, memberikan pandangannya tentang potensi Cawapres yang mungkin akan mengiringi Ganjar Pranowo dalam pertarungan politik mendatang.

1. Kemungkinan Cawapres di Kalangan NU

Puan Maharani, yang baru-baru ini menghadiri acara Munas-Konbes NU 2023 di Ponpes Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, berbicara mengenai kemungkinan Cawapres dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Namun, yang menarik adalah nama yang dia sebutkan sebagai salah satu calon yang mungkin, yaitu Menko Polhukam Mahfud Md.

"Mungkin, Pak Mahfud," kata Puan Maharani.

Pernyataan ini muncul setelah Puan sebelumnya menyatakan bahwa Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Waketum Golkar, Ridwan Kamil (RK), tidak lagi menjadi calon yang mungkin mendampingi Ganjar Pranowo. Hal ini disebabkan oleh keputusan partai-partai tempat mereka bernaung yang telah mendukung pasangan Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Puan menjelaskan, "Muncul nama mas AHY. Namun karena Demokrat sudah memutuskan untuk pindah atau menentukan gabung dengan mas Prabowo, tentu saja seperti tidak mungkin."

2. Golkar Bergabung Dalam Koalisi Indonesia Maju

Selain itu, Puan juga mengingatkan bahwa Golkar, partai tempat RK bernaung, juga sudah bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Prabowo. Dengan demikian, kemungkinan RK sebagai Cawapres Ganjar Pranowo juga semakin tipis.

Mahfud Md sendiri sebelumnya pernah menyebut bahwa dirinya telah bertemu dengan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Selain itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, juga pernah menyebut nama Mahfud sebagai salah satu calon wakil presiden yang potensial.

Namun, perlu diingat bahwa dalam dinamika politik, segala kemungkinan bisa terjadi dan belum ada keputusan resmi terkait calon yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Kita akan terus menyaksikan perkembangan politik di Tanah Air dan siapa yang akan menjadi pemimpin berikutnya dalam perjalanan politik Indonesia yang menarik ini.(*)

Fenomena Terkini






Trending