Kolaborasi Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Dinilai Menjanjikan Menjelang Pilpres 2024

17 September 2023 15:52 WIB·108
6505709fed813.jpg

KuatBaca.com -Perkembangan politik menjelang Pemilihan Presiden 2024 mendatang semakin menarik perhatian publik. Salah satu sorotan utama adalah kemungkinan kolaborasi antara Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil sebagai kandidat presiden dan wakil presiden. Ridwan Kamil, yang dikenal dengan sebutan Kang Emil, kini menerima sorotan sebagai potensial calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar.

1. Figur Aset Berharga Bangsa

Sandiaga Uno, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menanggapi hal ini dengan penuh antusiasme. Dalam suatu kesempatan di Pondok Pesantren Alhamidiyyah Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sandi menyatakan bahwa kedua figur tersebut adalah aset berharga bagi Indonesia.

Ketika ditanya oleh seorang wartawan mengenai kemungkinan kolaborasi keduanya, Sandi dengan tegas mengatakan, "Putra-putri terbaik bangsa, kita harus memberikan peluang untuk kolaborasi."

Dia juga menegaskan dukungan partainya pada Ganjar Pranowo sebagai kandidat presiden.

"Kami tetap akan istiqomah memperjuangkan Pak Ganjar menjadi presiden Republik Indonesia," ujarnya.

2. Elektabilitas RK Cukup Tinggi

Agung Baskoro, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, juga memberikan pandangannya mengenai kolaborasi tersebut.

Menurut Agung, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tinggi, sebuah faktor yang dilihat penting dalam kontestasi politik. Agung menilai, ada kesamaan basis massa antara Ridwan Kamil dan Prabowo Subianto di beberapa wilayah seperti Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Namun, di daerah-daerah tersebut, suara Ganjar tercatat tidak sekuat kedua tokoh tersebut. Dengan demikian, kolaborasi Ganjar dan Ridwan Kamil dapat menjadi kombinasi yang saling melengkapi.

Keunikan lain dari Ridwan Kamil adalah kemampuannya dalam memanfaatkan media sosial. Di era digital saat ini, kemampuan berkomunikasi dan membangun citra positif di media sosial menjadi senjata ampuh. Ridwan Kamil, dengan basis pengikut yang besar di berbagai platform media sosial, menunjukkan kekuatannya dalam menggaet dukungan dan mempengaruhi opini publik.

Momentum ini, tentu saja, menjadi kesempatan berharga bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang diketahui mengusung Ganjar sebagai calon presiden. Mereka bisa mempertimbangkan kolaborasi dengan Ridwan Kamil untuk meningkatkan peluang kemenangan di pilpres mendatang.

Dengan masih panjangnya waktu menuju Pilpres 2024, masih banyak kemungkinan dan strategi yang bisa ditempuh oleh berbagai pihak. Namun, satu hal yang pasti, kolaborasi antara Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil, jika terwujud, akan menjadi salah satu pasangan yang paling ditunggu oleh publik Indonesia.(*)

Fenomena Terkini






Trending