Tips Hilangkan Kelembapan di Kamar Mandi Tanpa Menggunakan Exhaust Fan

17 September 2023 17:56 WIB·33
650360b9edf3a.jpg

KuatBaca.com - Kelembapan di kamar mandi memang seringkali menjadi masalah, terutama bagi mereka yang tidak memiliki exhaust fan. Meski exhaust fan dikenal sebagai solusi terbaik untuk menghilangkan kelembapan, namun masih ada beberapa metode lain yang bisa Anda coba untuk menjaga kamar mandi tetap kering dan terhindar dari jamur.

Ventilasi yang baik menjadi kunci utama dalam mengatasi kelembapan. Lalu, bagaimana jika Anda memiliki kamar mandi tanpa jendela atau dengan jendela yang tak bisa dibuka?

1. Mengelap Dinding Kamar Mandi Pasca Mandi

Setelah selesai mandi, sisa-sisa tetesan air yang menempel di dinding bisa menjadi sumber kelembapan jika dibiarkan. Oleh karena itu, segera keringkan dinding, shower, dan bathtub dengan lap kering atau menggunakan squegee. Langkah sederhana ini bisa mencegah kelembapan berlebih.

2. Memanfaatkan Dehumidifier

Pertimbangkan untuk memiliki dehumidifier khusus untuk kamar mandi Anda. Alat ini dapat menyerap kelembapan di udara dan mengurangi risiko pertumbuhan jamur. Nyalakan dehumidifier saat dan setelah mandi, atau sesuai kebutuhan, terutama jika Anda merasa kamar mandi Anda cenderung lembap.

3. Bersihkan Genangan Air

Seringkali kita lupa dengan genangan air yang ada di lantai atau sekitar wastafel. Genangan ini, meski tampak sepele, bisa menjadi sumber kelembapan. Pastikan Anda membersihkan genangan air ini setiap selesai menggunakan kamar mandi.

4. Gunakan Kipas Angin Portabel

Kipas angin portabel bisa menjadi alternatif ventilasi bagi kamar mandi tanpa jendela. Anda bisa meletakkan kipas angin dinding atau kipas meja di area yang kering dan arahkan udara keluar melalui pintu kamar mandi. Meskipun mungkin Anda harus meninggalkan pintu sedikit terbuka saat mandi, langkah ini bisa sangat efektif dalam mengurangi kelembapan.

Sebagai tambahan, selalu pastikan kamar mandi Anda dalam kondisi kering setelah digunakan. Rutin membersihkan dan menjaga kekeringan kamar mandi tidak hanya akan menjauhkan Anda dari masalah jamur, tapi juga akan memperpanjang umur bahan-bahan di kamar mandi Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, kamar mandi Anda bisa tetap segar, kering, dan bebas jamur meskipun tanpa bantuan exhaust fan. Menerapkan rutinitas ini juga akan meningkatkan kualitas udara dan kenyamanan saat Anda berada di kamar mandi.(*)

pengetahuan

Fenomena Terkini






Trending