8 Makanan Berprotein Tinggi untuk Membantu Program Diet

Oleh Vivi Zulvia
17 September 2023 18:04 WIB·30
4012757017.jpg

KuatBaca.com - Protein merupakan salah satu komponen nutrisi yang krusial bagi tubuh. Tak hanya berperan dalam membangun dan memperbaiki otot, protein juga membantu menjaga kekebalan tubuh serta mengontrol berat badan. Terutama bagi mereka yang tengah menjalankan program diet, memastikan asupan protein yang cukup menjadi sangat penting.

Dengan banyaknya sumber makanan yang mengandung protein, penting bagi kita untuk memilih sumber protein yang terbaik dan paling sehat. Berikut daftar makanan sumber protein yang sangat direkomendasikan untuk Anda:

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang mudah diserap oleh tubuh. Tak hanya itu, telur juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin D, lutein, dan kolin. Telur sangat baik dikonsumsi saat sarapan karena mampu memberikan efek kenyang yang tahan lama.

2. Ikan dan Seafood

Makanan laut seperti ikan tuna dan udang tinggi protein dan asam amino. Selain itu, ikan juga kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

3. Greek Yoghurt

Berbeda dengan yoghurt biasa, Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang dua kali lebih banyak. Yoghurt ini juga sumber baik dari kalsium dan probiotik yang mendukung pencernaan.

4. Susu Sapi

Susu sapi kaya akan protein dengan dua jenis utama, yaitu kasein dan whey. Kandungan nutrisi lain dalam susu sapi seperti kalsium, vitamin D, dan potasium juga membantu membangun dan mempertahankan massa otot.

5. Dada Ayam

Dada ayam adalah sumber protein hewani yang tinggi dengan kalori yang rendah. Selain protein, dada ayam juga kaya akan nutrisi lain seperti vitamin B, selenium, dan fosfor.

6. Cottage Cheese

Keju cottage adalah sumber protein yang baik dengan kandungan kasein yang tinggi. Selain itu, keju ini juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan pemulihan otot.

7. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi pilihan sumber protein nabati yang sehat. Kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan, vitamin B, dan mineral lain yang mendukung kesehatan tubuh.

8. Makanan Berbasis Kedelai

Makanan seperti edamame dan tempe mengandung protein tinggi dengan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Kedelai juga kaya akan serat, magnesium, zat besi, dan banyak nutrisi lainnya.(*)

pengetahuan

Fenomena Terkini






Trending