6 Kombinasi Produk Pembersih Rumah yang Harus Anda Hindari

19 September 2023 19:24 WIB·23
63a5b805d3e24.jpg

KuatBaca.com - Produk pembersih rumah saat ini hadir dalam berbagai varian. Beberapa di antaranya berasal dari bahan alami yang sering kita temui sehari-hari, seperti cuka, soda kue, dan lemon. Kita sering mencampur beberapa produk pembersih untuk meningkatkan efektivitas pembersihan. Namun, patut diketahui bahwa ada kombinasi-kombinasi produk pembersih yang dapat membahayakan.

Kelly Krisna Johnson-Arbor, MD, seorang medical toxicologist, menjelaskan, "Bahan kimia dalam produk pembersih dapat menjadi sangat beracun saat dicampur dengan produk lain. Sebagai aturan umum, kita harus berhati-hati saat mencampur produk pembersih karena potensi bahayanya."

1. Pembersih dan Pemutih Mangkuk Kloset

Kamar mandi adalah salah satu area rumah yang memerlukan perawatan ekstra. Anda mungkin ingin menggunakan pemutih untuk membuat mangkuk kloset tampak lebih cerah.

Namun, Dr. Johnson-Arbor mengingatkan bahwa menggabungkan pemutih dengan pembersih kloset dapat menghasilkan gas klorin yang berbahaya. Efek pemaparannya bisa berupa iritasi hidung dan tenggorokan, bahkan kesulitan bernapas. Risikonya lebih tinggi bagi mereka yang memiliki kondisi pernapasan seperti asma.

2. Pemutih dan Amonia

Ketika dicampur, pemutih dan amonia menghasilkan gas kloramin yang beracun. Gas ini berbahaya dan dalam konsentrasi tinggi dapat mematikan.

3. Pemutih dan Cuka

Mencampur cuka dengan pemutih dapat menghasilkan gas klorin yang berbahaya, memicu gejala seperti batuk, masalah pernapasan, dan mata berair. Dr. David A. Walla, PhD, Ilmuwan dari Defunkify, menyarankan untuk tidak mencoba mengencerkan kombinasi ini dengan air, karena bisa meningkatkan risikonya.

4. Hidrogen Peroksida dan Cuka

Kombinasi hidrogen peroksida dengan cuka menghasilkan asam perasetat. Asam ini korosif dan dapat mengiritasi mata, kulit, tenggorokan, hidung, serta paru-paru.

5. Pembersih Saluran Air dan Pemutih

Jika Anda mencampur pembersih saluran air dengan pemutih, gas beracun dapat terbentuk. Jika gas ini terperangkap dalam pipa, dampaknya bisa fatal.

6. Pemutih dan Alkohol Gosok

Meskipun keduanya efektif sebagai pembersih, campuran pemutih dan alkohol dapat menghasilkan senyawa beracun yang berbahaya untuk berbagai organ tubuh, termasuk mata, kulit, hati, ginjal, hingga sistem saraf. (*)

pengetahuan

Fenomena Terkini






Trending