Warga di Pedalaman Manggarai Barat Bangun Jembatan Darurat demi Bisa ke Kota

19 September 2023 23:12 WIB·25
6509411f96bb1.jpg

Kuatbaca - Di tengah majunya pembangunan infrastruktur pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, masih ada wilayah yang belum menikmati fasilitas.

Warga Kampung Buas Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT terpaksa membangun sendiri jembatan darurat dari kayu agar bisa melewati Sungai Wae Lombur demi mencapai kota.

Hanya dengan menyeberangi jembatan yang dibangun secara swadaya itu, mereka bisa pergi ke Lembor dan Labuan Bajo.

Maksi, salah seorang warga Kampung Buas, mengatakan, jembatan darurat itu dibangun secara sendiri oleh masayarakat setempat dan bertahan paling lama setahun.

“Paling lama setahun. Kayu dan bambunya keropos, sehingga harus diganti setiap tahun,” tutur Maksi saat ditemui Kompas.com di lokasi, pada Selasa (19/9/2023).

1. Akses Terbatas

Ia mengatakan, akses dari dan menuju kampung Buas itu hanya satu. Sehingga warga pun kompak membangun jembatan darurat. Namun sayangnya, jembatan hanya bisa dilalui oleh motor dan pejalan kaki. 

"Siapa yang berani (melintas di musim hujan). Jadi, saat hujan akses ke kampung Buas ini lumpuh total. Palingan hanya motor yang berani lewat di jembatan darurat ini. Itu pun hanya bagi yang nekat saja,” katanya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat segera membangun jembatan permanen di Kali Wae Lombur.

Sebab, jembatan itu sangat mendukung akses transportasi dari ke Kampung Buas lantaran menjadi satu-satunya akses.

“Kita minta Pemda Manggarai Barat untuk bangun jembatan permanen di kali ini. Kalau tidak bisa jembatan yang besar, minimal bangun gorong-gorong. Kalau sudah bangun itu baru kami bisa rasakan yang namanya merdeka. Untuk sementara kami ini sengsara betul. Padhal dekat saja dengan jalan negara ini,” ujar dia.

Selain jembatan permanen, lanjut dia, warga meminta Pemkab Manggarai Barat, untuk mengaspal jalan menuju Kampung Buas.

Sebab, kendaraan roda empat susah melewati jalan kampung yang berbatu dan berlubang.

"Tidak ada kendaraan seperti taksi yang berani ke kampung. Itu tadi Masalah utamanya adalah jalan dan jembatan," ujar dia.

Kepala Desa Ngancar, Pankrasius Purnama mengatakan, kondisi infrastruktur khusus jembatan menuju Kampung Buas memang sangat penting untuk segera dibenahi.

"Ya, minimal gorong-gorong supaya tetap bisa dilalui kendaraan roda empat. Kita berharap ke depan Pemerintah Kabupaten bisa membangun jembatan di kali Wae Lombur," ujar Pankrasius, di lokasi Selasa siang.

Kepada warga, ia meminta agar bersabar. Sebab, pembanguan infrastruktur di Kabupaten Manggarai Barat diklaim belum berhenti.

"Pemerintah pasti memperhatikan kondisi infrastruktur ke kampung ini. Ini soal waktu saja. Pembangunan ini bertahap," imbuh dia.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending