Panglima TNI: Latihan Militer Bersama ASEAN untuk Stabilitas Regional

20 September 2023 01:12 WIB·25
latihan-militer-bersama-negara-asean_169.jpeg

Kuatbaca - Indonesia kembali menunjukkan komitmennya sebagai bagian dari ASEAN dengan menjadi tuan rumah latihan militer bersama yang pertama kali diadakan oleh negara-negara anggota ASEAN. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menekankan pentingnya latihan ini untuk memperkokoh kerjasama dan sentralitas ASEAN.

Latihan ini, yang diberi nama ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna, dilaksanakan dengan tujuan utama menjaga stabilitas di kawasan laut dan teritorial negara-negara ASEAN. Yudo Margono menyoroti bahwa stabilitas kawasan penting tidak hanya untuk keamanan, tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh kawasan ASEAN.

"Dengan adanya stabilitas di wilayah ASEAN, tentunya akan berkontribusi pada kesejahteraan semuanya," kata Yudo.

1. Pembukaan Latihan Militer

Sebelumnya, pembukaan latihan militer ini diselenggarakan di Dermaga Batu Ampar, Batam, dengan kehadiran Panglima TNI Laksamana Yudo Margono beserta para perwakilan militer dari negara-negara anggota ASEAN. Acara pembukaan dihiasi dengan upacara pasukan TNI bersama pasukan dari negara ASEAN lainnya.

Latihan militer bersama ini akan dilaksanakan dari Batam ke Natuna, Kepulauan Riau. Mengusung tema "Promoting Regional Peace and Stability through ASEAN Military Cooperation", kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kerjasama regional, khususnya dalam bidang keamanan laut dan penanggulangan bencana.

Selain itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menambahkan bahwa selama latihan, akan ada serangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan, seperti bakti sosial, bakti kesehatan, dan kegiatan lain yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat di Natuna.

Latihan ini juga unik karena melibatkan unsur sipil dari negara-negara ASEAN dengan TNI bertindak sebagai koordinator. Hal ini menunjukkan bahwa latihan bukan hanya fokus pada aspek militer, tetapi juga menggabungkan aspek-aspek lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, seperti penanggulangan bencana.

Kegiatan semacam ini menunjukkan betapa pentingnya kerjasama regional dalam menjaga keamanan dan stabilitas. Dengan ASEAN sebagai salah satu blok ekonomi dan politik terbesar di dunia, kegiatan seperti latihan militer bersama ini dapat diharapkan mempererat hubungan antarnegara dan memastikan bahwa kawasan ini tetap aman dan stabil untuk seluruh masyarakatnya.

Diharapkan, latihan bersama ini akan menjadi langkah awal bagi serangkaian kerjasama militer lainnya di masa depan, yang akan semakin memperkuat posisi ASEAN di panggung internasional.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending