Operasi Zebra Maung 2023 di Pandeglang: 450 Pengendara Ditegur

19 September 2023 01:58 WIB·21
7cf8536c-0ef5-4679-8b18-ccd6ee007e33_169.jpg

Kuatbaca - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang gencar melakukan tindakan preventif melalui operasi zebra maung 2023. Sepanjang pekan pertama pelaksanaan, tercatat 450 pengendara menerima teguran, dengan 47 di antaranya mendapatkan sanksi melalui E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 14 September 2023, operasi zebra ini menyoroti sejumlah pelanggaran yang sering ditemui di jalan raya. Menurut AKP Robby Rachman, Kasatlantas Polres Pandeglang, pelanggar terbanyak adalah pengendara roda dua yang mengabaikan keselamatan dengan tidak mengenakan helm saat berkendara. Sementara itu, sejumlah pelajar juga mendapat perhatian khusus dalam operasi ini dan menerima teguran.

1. Memberikan Teguran

Dalam operasi zebra maung tahun ini, pendekatan yang diambil lebih kepada edukasi dengan memberikan teguran. Namun, untuk pelanggaran yang dinilai berat dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal, tindakan tegas diterapkan. Pelanggaran seperti melawan arus, mengemudi dengan overdimensi atau kapasitas melebihi batas, serta mengabaikan penggunaan helm menjadi fokus utama penindakan.

Tujuan dari operasi ini bukanlah untuk mencari kesalahan atau memberi denda, melainkan untuk meningkatkan kesadaran pengendara terhadap pentingnya patuh pada aturan lalu lintas. Keselamatan di jalan raya merupakan tanggung jawab bersama, dan melalui operasi seperti zebra maung, diharapkan masyarakat Pandeglang dapat berkontribusi aktif dalam menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman.

AKP Robby Rachman menambahkan, "Operasi zebra maung ini akan berlangsung hingga 24 September 2023, selama dua minggu penuh. Selama periode ini, kami akan terus memantau dan menindak pengendara yang melakukan pelanggaran, khususnya yang berboncengan lebih dari satu orang, mengabaikan penggunaan helm, melebihi batas kecepatan yang diizinkan, menggunakan knalpot yang mengganggu ketenangan umum, dan pengendara di bawah umur."

Selain operasi zebra, Polres Pandeglang juga terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dengan inisiatif lainnya seperti menyediakan celana panjang untuk pengunjung yang mengenakan celana pendek.

Dengan inisiatif dan operasi seperti ini, diharapkan masyarakat Pandeglang menjadi lebih waspada dan sadar akan pentingnya mengikuti aturan lalu lintas demi kebaikan bersama. Semoga dengan semakin tingginya kesadaran ini, angka kecelakaan lalu lintas dapat terus menurun dan jalan-jalan di Pandeglang menjadi lebih aman bagi semua pengguna.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending