Komitmen Pemerintah dalam Menjaga Ketersediaan Bahan Pokok di Indonesia

19 September 2023 22:42 WIB·40
kemendag.jpeg

Kuatbaca - Ketersediaan bahan pokok menjadi salah satu indikator vital dalam stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sebuah negara. Di Indonesia, isu ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, menekankan bahwa pemerintah saat ini tengah meningkatkan upaya guna menjaga ketersediaan bahan pokok. Tujuan utamanya tentu untuk menghindari potensi kelangkaan yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari masyarakat.

Dalam acara Gerakan Pangan Murah di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Zulhas menjelaskan strategi pemerintah dalam memastikan ketersediaan bahan pangan. Salah satunya adalah dengan melakukan peninjauan langsung di pasar-pasar tradisional maupun modern untuk memantau ketersediaan komoditi seperti beras, gula, cabai, bawang, dan telur.

1. Ketersediaan Bahan Pokok

Keterlibatan aktif pemerintah dalam memantau ketersediaan bahan pokok menunjukkan besarnya tanggung jawab dan komitmen dalam menjaga stabilitas harga serta keberlanjutan pasokan di tengah masyarakat. Dalam kunjungannya ke berbagai daerah, seperti Makassar dan Mimika, Zulhas memastikan bahwa komoditi pokok harus selalu tersedia di setiap pasar.

Dalam menjaga ketersediaan ini, pemerintah juga memiliki rencana cepat jika terjadi kekurangan pasokan di pasaran. Zulhas menambahkan, "Jika terdapat indikasi kelangkaan atau penurunan pasokan bahan pokok, Badan Pangan Nasional akan bergerak cepat mengatasi situasi tersebut." Ini menegaskan bahwa setiap isu terkait ketersediaan bahan pangan menjadi prioritas utama bagi pemerintah.

Selain upaya langsung di lapangan, kolaborasi antara berbagai lembaga dan kementerian juga menjadi kunci dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok. Dengan sinergi yang baik, diharapkan setiap daerah di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, dapat merasakan manfaat dari stabilitas ketersediaan bahan pangan.

Ketersediaan bahan pokok yang stabil tidak hanya berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara langsung, tetapi juga menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian nasional. Dengan komitmen kuat dan upaya yang maksimal, pemerintah berharap untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat dalam hal ketersediaan bahan pokok dan kesejahteraan hidup mereka.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending