Kerusakan Koleksi Sejarah Museum Nasional Jakarta Akibat Kebakaran

Oleh Gabriel Umar
19 September 2023 22:18 WIB·40
kondisi-terkini-museum-nasional-pasca-kebakaran-6.jpeg

Kuatbaca - Jakarta merasakan duka besar ketika Museum Nasional, salah satu penyimpan sejarah dan warisan budaya negara, dilanda kebakaran pada Sabtu, 16 September 2023. Penyelidikan awal menunjukkan bahwa kebakaran berasal dari bagian belakang Gedung A Museum Nasional yang mengakibatkan kerusakan pada enam ruangan.

Dari total 194 ribu koleksi yang disimpan oleh Museum Nasional Indonesia, sebanyak 817 koleksi terdampak langsung oleh kebakaran tersebut. Koleksi-koleksi ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari bahan perunggu, keramik, terakota, dan kayu. Selain itu, terdapat juga miniatur dan replika benda-benda prasejarah yang kini ditemukan dalam berbagai kondisi kerusakan, mulai dari rusak ringan hingga berat.

1. Mengungkapkan Keprihatinan

Pelaksana Tugas Kepala Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra, mengungkapkan keprihatinan atas kejadian tersebut. Ia menekankan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan berbagai tenaga ahli dalam penyelamatan, restorasi, dan juga pengelolaan museum untuk masa depan yang lebih baik.

Pasca-kebakaran, evakuasi koleksi dan benda-benda bersejarah yang tersisa pun dimulai. Proses ini melibatkan hampir 100 orang, yang terdiri dari pihak Museum Nasional Indonesia dan Pusat Laboratorium Forensik. Mereka bekerja sama dalam upaya menyelamatkan artefak berharga yang tersisa. Beruntung, banyak dari koleksi tersebut yang masih dalam kondisi utuh, meskipun ada juga yang mengalami kerusakan dalam berbagai tingkat.

Mahendra menambahkan, "Sejak kejadian, kami telah memulai proses evakuasi koleksi dari area yang terdampak. Proses ini didampingi oleh pihak kepolisian untuk memastikan keamanan. Kami juga melakukan inventarisasi agar setiap benda bersejarah tercatat dengan akurat dan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan selama periode pemulihan ini."

Dalam proses evakuasi, tim yang terlibat menggunakan peralatan khusus untuk memastikan keamanan koleksi. Atap gedung yang roboh pun diangkat dengan bantuan alat berat.

Kejadian ini bukan hanya menjadi perhatian pemerintah, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Museum Nasional bukan hanya sekedar bangunan atau tempat penyimpanan benda-benda bersejarah. Ia merupakan cerminan dari jati diri bangsa yang merepresentasikan kekayaan budaya dan sejarah negeri ini.

Harapan ke depannya, meskipun tragedi ini meninggalkan duka, namun dapat menjadi momentum bagi pemerintah dan masyarakat untuk lebih memperhatikan dan menjaga warisan budaya bangsa. Sehingga generasi yang akan datang tetap dapat belajar dan mengenali jati diri mereka melalui saksi bisu sejarah ini.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending