Hari Lalu Lintas Bhayangkara 2023: Modernisasi, Pemilu Damai, dan Peran Polantas

18 September 2023 22:38 WIB·35
operasi-patuh-jaya-2023-polda-metro-jadwal-dan-ketentuannya_169.jpeg

Kuatbaca - Setiap tanggal 22 September, bangsa Indonesia memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara. Tahun ini, peringatan tersebut mencapai HUT ke-68. Namun, apa yang menjadikan peringatan ini istimewa dan apa asal-usulnya?

Hari Lalu Lintas Bhayangkara 2023 yang bertepatan pada Jumat, 22 September, mengambil tema yang menarik: "Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju". Tema ini menggambarkan aspirasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan polisi lalu lintas dan mendukung pemilihan yang damai dan aman di Indonesia.

1. Sejarah Lahirnya Hari Lalu Lintas Bhayangkara

Sejarah Hari Lalu Lintas Bhayangkara terkait erat dengan kelahiran fungsi lalu lintas dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada 22 September 1955, dengan kebijakan dari Kepala Jawatan Kepolisian Negara, Seksi Lalu Lintas Jalan di Tingkat Pusat resmi dibentuk, menjadikannya sebagai fondasi dari peringatan ini.

Lalu lintas memegang peran kunci dalam mendukung pembangunan nasional. Tidak hanya sebagai mekanisme mobilitas orang dan barang, lalu lintas merepresentasikan dinamika kehidupan masyarakat, menunjukkan perkembangan budaya, modernitas, dan kemajuan bangsa.

Personel polisi lalu lintas, atau lebih dikenal sebagai Polantas, merupakan sosok yang memiliki interaksi langsung dengan masyarakat. Dengan posisinya yang strategis, mereka memiliki peran dalam membangun kepercayaan publik terhadap Kepolisian.

2. Perbedaan Antara Hari Lalu Lintas Bhayangkara dengan Hari Bhayangkara

Meskipun sama-sama mengambil nama "Bhayangkara", ada perbedaan mendasar antara Hari Lalu Lintas Bhayangkara dan Hari Bhayangkara. Polantas memiliki tanggung jawab khusus dalam mengedukasi masyarakat, penegakan hukum terkait lalu lintas, serta mengawasi dan mengatur arus lalu lintas.

Sementara Hari Bhayangkara yang dirayakan setiap 1 Juli memiliki latar belakang berbeda. Pada tanggal tersebut di tahun 1946, korps kepolisian di berbagai daerah resmi disatukan menjadi kesatuan nasional di bawah pemerintah Republik Indonesia. Walaupun tanggal tersebut bukan menandai pembentukan korps polisi, momentum penyatuan ini memiliki arti penting sehingga dijadikan sebagai hari peringatan.

3. Pentingnya Hari Lalu Lintas Bhayangkara

Hari Lalu Lintas Bhayangkara bukan sekadar peringatan. Ini merupakan momen refleksi bagi Kepolisian dan masyarakat tentang betapa pentingnya fungsi lalu lintas dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan pelayanan, pengendalian lalu lintas yang efisien, serta kerjasama antara masyarakat dan Polantas menjadi kunci keberhasilan pembangunan bangsa yang berkelanjutan.

Dalam menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara 2023, mari kita tingkatkan kesadaran bersama dalam berlalu lintas dan dukung upaya Polantas dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan di jalan raya.

pemerintah

Fenomena Terkini






Trending