Perbedaan Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof, dan Panoramic Sunroof pada Mobil

19 September 2023 17:11 WIB·27
62a053adea0f7.jpg

Sebagian mobil dilengkapi dengan berbagai jenis perangkat kaca pada bagian atapnya. Beberapa dari perangkat kaca tersebut sering disebut sebagai sunroof. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar antara sunroof, moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof.

"Sebenarnya, ada perbedaannya dari ketiga jenis tersebut. Untuk sunroof dan moonroof, perbedaannya hanya terletak pada cara membukanya," kata Avudt, yang merupakan punggawa dari Cibubur Auto Custom, dalam wawancara dengan Kompas.com.

Avudt menjelaskan bahwa sunroof adalah jenis perangkat kaca yang bisa dibuka ke atas atau dislide keluar dari atap mobil. Sementara moonroof adalah jenis perangkat kaca yang bisa dibuka ke dalam atau dislide masuk ke dalam atap mobil.

"Dalam kategori moonroof, terdapat dua jenis, yaitu satu langkah (one-step) dan dua langkah (two-step). Moonroof satu langkah hanya bisa dibuka dan ditutup, sementara moonroof dua langkah memungkinkan kaca dibuka sebagian atau sedikit diangkat," kata Avudt.

Avudt juga menjelaskan bahwa baik sunroof maupun moonroof memiliki satu kaca saja dan biasanya terletak di atas baris pertama mobil.

Sementara itu, panoramic roof memiliki kaca yang lebih besar dan meliputi area dari baris pertama hingga baris kedua mobil. Perlu diperhatikan bahwa pada panoramic roof, kaca biasanya tidak dapat dibuka.

Pada panoramic sunroof, kaca di bagian depan memiliki kemampuan untuk dibuka, memungkinkan aliran udara segar masuk ke dalam kabin mobil. Namun, bagian kaca di sepanjang atap mobil biasanya tetap statis atau tidak bisa dibuka.

Tidak jarang beberapa pabrikan memberikan nama khusus untuk perangkat kaca ini. Sebagai contoh, pada Hyundai Ioniq 5, atap mobilnya disebut sebagai "Vision Roof."

Mengenali perbedaan antara sunroof, moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof penting untuk membantu konsumen memahami fitur yang ada pada mobil mereka. Hal ini juga dapat membantu dalam pemilihan mobil sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi.

otomotif

Fenomena Terkini






Trending