Kijang Innova Kembali Rebut Posisi Mobil Terlaris di Indonesia

17 September 2023 15:46 WIB·28
road-trip-kijang-innova-zenix-jelajah-sumatera-1.jpeg

KuatBaca.com - Toyota Kijang Innova sekali lagi membuktikan dominasinya sebagai mobil pilihan utama konsumen di Indonesia. Pada Agustus 2023, Innova sukses meraih gelar mobil terlaris, menggeser pesaing-pesaingnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio yang kerap bertarung ketat di puncak daftar mobil paling populer.

1. Tren Positif Pasar Mobil Indonesia

Pasar mobil Indonesia pada Agustus 2023 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Dalam data yang disajikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat penjualan mobil secara keseluruhan, dari pabrik ke dealer, mencapai 88.676 unit. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencatatkan angka 80.426 unit, kenaikan ini cukup signifikan. Secara keseluruhan di tahun 2023, penjualan mobil di Tanah Air telah mencapai 675.287 unit. Toyota, sebagai salah satu brand otomotif raksasa, masih memegang gelar sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.

2. Dominasi Kijang Innova

Toyota Kijang Innova, dengan kombinasi model 'Reborn' dan Innova Zenix, berhasil terjual sebanyak 7.463 unit pada bulan Agustus 2023. Dengan pencapaian tersebut, Innova sukses menggeser Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, dan Honda Brio dari peringkat teratas. Tak hanya itu, kemenangan ini menjadi yang kedua bagi Innova pada tahun 2023. Sebelumnya, pada Juli 2023, Innova juga berhasil menjadi raja penjualan.

3. Pesaing Terdekat

Di posisi kedua setelah Innova, Daihatsu Sigra mencatat penjualan sebanyak 6.628 unit. Sedangkan di posisi ketiga, Toyota Avanza yang dikenal sebagai "mobil sejuta umat" mencatatkan penjualan sebanyak 6.283 unit. Sementara itu, Honda Brio dengan varian RS dan Brio Satya menghuni posisi keempat dengan total penjualan sebanyak 5.946 unit.

4. Data Penjualan dan Tren Konsumen

Meski angka penjualan yang disajikan merupakan data distribusi dari pabrik ke dealer, Gaikindo menyatakan bahwa angka tersebut tidak berbeda jauh dengan penjualan retail, yaitu dari dealer ke konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa tren konsumen cukup stabil dan selaras dengan data distribusi.(*)

otomotif

Fenomena Terkini






Trending