Franco Morbidelli Memulai Babak Baru dengan Pramac Ducati

19 September 2023 18:08 WIB·27
franco-morbidelli_169.jpeg

KuatBaca.com -Franco Morbidelli, pebalap berbakat asal Romano, telah resmi bergabung dengan tim balap Pramac Ducati. Dalam perubahan signifikan ini, Morbidelli akan naik ke atas motor Desmosedici GP24 mulai musim balap depan. Keputusan ini menyusul perpindahan Johann Zarco ke LCR Honda. Sementara di Yamaha, tempat yang ditinggalkan Morbidelli akan diisi oleh pebalap handal, Alex Rins.

1. Wakil Juara Dunia MotoGP 2020

Karier Morbidelli di dunia balap sangat menonjol. Ia tak hanya sekedar pebalap biasa. Bukti dari kemampuannya terlihat jelas ketika ia berhasil menjadi wakil juara dunia MotoGP 2020, pemenang Moto2 pada 2017, serta juara European Superstock 600 di tahun 2013.

Ketika ia berkolaborasi dengan Yamaha, khususnya bersama tim Petronas SRT pada 2019, Morbidelli menunjukkan keahliannya dengan melawan Joan Mir dalam perebutan gelar di 2020. Meskipun harus puas dengan tiga kemenangan dari 14 balapan, prestasinya ini tetap mengesankan.

Namun, perjalanan karier Morbidelli sempat terhenti akibat cedera lutut yang dialaminya pada awal 2021. Kecelakaan selama latihan mengharuskannya vakum dari lintasan balap untuk waktu yang lama. Namun, saat ia kembali, ia bergabung dengan tim Yamaha pabrikan bersama dengan Fabio Quartararo. Meski mengalami beberapa tantangan, Franco terus memperlihatkan dedikasinya di lintasan.

2. Antusias Menyambut Morbidelli

Pergabungan Morbidelli dengan Pramac Ducati tentu bukan tanpa alasan. Prima Pramac Racing Team Principal, Paolo Campinoti, sangat antusias menyambut kehadiran Morbidelli.

"Franco adalah sosok yang saya kenal dengan baik dan kami memiliki hubungan yang positif. Dia telah memenangkan banyak kejuaraan dan saya yakin dia akan memberikan yang terbaik di tim kami," ungkap Campinoti.

Ducati, dalam rekrutmen ini, melihat bukan hanya kemampuan instan dari Morbidelli, tetapi juga potensi jangka menengah, terutama dalam kontribusinya pada program pengembangan tim. Hal ini tak terlepas dari pengalaman riset dan pengembangan (R&D) Morbidelli saat bersama Yamaha. Pengalamannya diharapkan bisa membantu Ducati dalam pengembangan komponen dan suku cadang baru.

Luigi Dall'Igna, General Manager of Ducati Corse, menambahkan, "Kami sangat bersemangat menyambut Franco. Dengan pengalaman dan keahliannya, dia telah berulang kali menunjukkan kecepatan dan kekuatannya di lintasan. Di bawah bendera Pramac Racing dan dengan dukungan penuh dari kami, kami yakin dia akan memperlihatkan potensi maksimalnya." (*)

otomotif

Fenomena Terkini






Trending