Tragedi di Gym Wuhan: Pria Muda Tewas Akibat Terjepit Barbel 100 Kg

Oleh Gabriel Umar
19 September 2023 02:04 WIB·70
64e2b6cd9aed2.jpg

Kuatbaca - Tragedi menimpa seorang pemuda berusia 25 tahun, Zhang, saat melakukan latihan di gym. Zhang, warga Wuhan, tewas tragis setelah lehernya tertindih oleh barbel seberat 100 kilogram. Tragedi ini kembali mengingatkan betapa pentingnya keselamatan saat berolahraga, terutama dalam angkat beban.

Ketika insiden itu terjadi, Zhang berada di gym Zhongnan, sebuah cabang dari Wuhan Pasifik Fitness Club. Diketahui, pada Kamis, 14 September 2023, sekitar pukul 15.00 waktu setempat, Zhang sedang melakukan latihan bench press. Barbel yang digunakannya memiliki total beban 100 kilogram, dengan masing-masing sisi seberat 50 kilogram.

1. Kronologi

Tanpa didampingi oleh spotter atau pengawas, Zhang berusaha mengangkat beban tersebut. Namun, sesuatu yang tak diharapkan terjadi. Zhang kehilangan kendali, dan beban tersebut jatuh dan menindih lehernya, menjepitnya antara barbel dan bench.

Dalam keadaan terjepit, Zhang berupaya membebaskan dirinya. Ia berusaha untuk melepaskan lifting belt yang dikenakannya. Namun, situasi semakin kritis saat Zhang tiba-tiba kejang dan lemas. Kedua staf gym yang menyaksikan kejadian itu berlari mendekat, berusaha untuk melepaskan beban tersebut dari lehernya. Sayangnya, proses pembebasan memakan waktu lebih dari satu menit.

Walaupun staf gym segera memberikan pertolongan pertama dan membawa Zhang ke rumah sakit, nyawanya tidak dapat tertolong. Zhang dinyatakan meninggal sekitar pukul 16:30 waktu setempat.

Pihak gym menyatakan rasa duka mendalam atas insiden tersebut. Mereka menduga Zhang mungkin melebih-lebihkan kemampuannya saat mencoba mengangkat beban tersebut. Selain itu, kondisi gym pada saat itu juga kurang mendukung. Pencahayaan di gym dikatakan redup, yang bisa mempengaruhi konsentrasi dan keamanan saat berlatih.

Dari informasi yang diperoleh, Zhang merupakan member setia dari gym tersebut dan sering datang untuk berolahraga. Kejadian ini memicu pertanyaan tentang standar keamanan yang diterapkan di gym. Meskipun pihak gym telah berkomitmen memberikan kompensasi kepada keluarga korban, insiden ini mengingatkan kita semua tentang pentingnya keselamatan saat berolahraga.

Selalu pastikan untuk meminta bantuan atau pendampingan saat berlatih, terutama saat mengangkat beban berat. Sebuah tindakan pencegahan sederhana bisa mencegah tragedi dan melindungi nyawa. Seiring dengan meningkatnya popularitas kebugaran dan olahraga angkat beban, keamanan harus menjadi prioritas utama bagi setiap individu dan pusat kebugaran.

kriminal

Fenomena Terkini






Trending