Operasi Penemuan Tambang Kripto di Depok Diduga Ilegal

19 September 2023 01:56 WIB·22
penampakan-peralatan-tambang-kripto-di-ruko-yang-diduga-mencuri-aliran-listrik-di-cimanggis-depok_169.jpeg

Kuatbaca - Sebuah ruko di Cimanggis, Kota Depok, terendus sebagai lokasi tambang kripto yang diduga ilegal. Penemuan ini mencuatkan dugaan bahwa ruko tersebut melakukan pencurian listrik untuk kegiatan pertambangan mata uang digital tersebut.

Dari informasi yang diterima, ruko yang terletak di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis ini penuh dengan berbagai peralatan khusus untuk menambang kripto. Di antara peralatan-peralatan tersebut, terdapat hard disk, kabel, keyboard, dan MCB yang menunjukkan kegiatan intensif pertambangan digital.

1. Kronologi

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Hadi Kristanto, mengungkapkan bahwa pihak kepolisian dan PLN sedang melakukan penyelidikan mendalam terhadap dugaan pencurian listrik di ruko tersebut. Menurut sumber, terdapat indikasi kuat bahwa listrik yang digunakan untuk aktivitas tambang kripto di ruko ini berasal dari pencurian.

Penduduk setempat kerap mengeluhkan gangguan aliran listrik yang tidak stabil. Dugaan sementara, gangguan tersebut disebabkan oleh aktivitas tambang kripto yang memerlukan suplai listrik dalam jumlah besar. Peralatan yang ditemukan di ruko tersebut memang identik dengan yang biasanya digunakan untuk "crypto mining" atau penambangan mata uang digital.

Penyelidikan ini bermula dari laporan masyarakat yang sering mengalami pemadaman listrik. Pihak PLN Cimanggis, didukung oleh Polsek Cimanggis, kemudian melakukan investigasi dan akhirnya menemukan ruko yang diduga kuat sebagai sumber dari gangguan listrik tersebut.

Menurut keterangan dari Kompol Hadi, tim penyelidik menemukan bukti bahwa ruko tersebut telah melakukan penyalahgunaan aliran listrik. Pencurian ini dilakukan dengan mengalihkan sumber listrik langsung dari kabel PLN ke instalasi listrik ruko tanpa melalui mekanisme resmi.

Aktivitas tambang kripto memang membutuhkan sumber daya listrik yang signifikan. Sebagai konsekuensinya, operasi ilegal seperti ini sering mencari cara untuk mengurangi biaya dengan mencuri listrik, yang tentu saja merugikan banyak pihak, termasuk masyarakat sekitar yang harus merasakan gangguan aliran listrik.

Dengan terungkapnya kasus ini, diharapkan masyarakat menjadi lebih waspada dan selalu melaporkan kegiatan mencurigakan di sekitarnya. Selain itu, bagi para pelaku industri kripto, penting untuk selalu menjalankan operasi dengan cara yang legal dan etis untuk memastikan keberlanjutan industri ini di masa depan.

kriminal

Fenomena Terkini






Trending