Misteri Simbol Dolar ($) dan Teori-teorinya

19 September 2023 21:58 WIB·22
7327d8d7-fafa-42d7-a892-7e3e45e2136e_169.jpg

Kuatbaca - Keberagaman mata uang di seluruh dunia memberikan kita pelajaran tentang bagaimana sejarah dan budaya mempengaruhi ekonomi. Contohnya, kita mengenal "Rp" sebagai representasi rupiah di Indonesia, dan "RM" mewakili Ringgit Malaysia. Namun, ada satu simbol mata uang yang mengundang banyak tanya, yaitu simbol "$" yang mewakili dolar Amerika Serikat (AS). Kenapa dolar AS menggunakan simbol dan bukan singkatan?

Sejarah penggunaan simbol "$" memang penuh misteri. Beberapa teori telah diusulkan untuk menjelaskan asal-usulnya. Salah satu teori yang paling populer menunjuk ke era kolonial AS ketika peso Spanyol menjadi mata uang yang dominan. Teori ini mengatakan bahwa simbol "$" berasal dari tulisan tangan Oliver Pollock, seorang pemodal keuangan pasukan revolusioner Amerika. Pollock seringkali menulis "Ps", singkatan dari peso, dengan huruf "P" yang ditumpangkan oleh "S". Penulisan ini pada akhirnya memunculkan simbol "$" yang kita kenal saat ini.

1. Beberapa Spekulasi

Namun, teori tersebut tidak satu-satunya. Beberapa spekulasi lain mengaitkan simbol "$" dengan masa pemerintahan Ferdinand II dari Aragon. Menurut cerita, setelah pasukannya menguasai Selat Gibraltar, Ferdinand menciptakan simbol untuk Peso berdasarkan Pilar Heracles. Dikatakan bahwa simbol "$" mungkin terinspirasi oleh pilar ini.

Selain itu, ada juga teori yang menunjukkan hubungan antara simbol "$" dengan sejarah dolar Spanyol itu sendiri. Ketika Spanyol melakukan reformasi mata uang pada tahun 1497, dolar diperkenalkan sebagai mata uang Spanyol dengan nama lengkap "peso de ocho reales" yang berarti "sepotong 8 reales". Ada yang berpendapat bahwa simbol "$" muncul sebagai variasi dari angka 8, meskipun bukti konkret mengenai teori ini masih kurang.

Ayn Rand, penulis terkenal, juga memberikan interpretasinya sendiri dalam novelnya, "Atlas Shrugged". Menurutnya, simbol "$" adalah kombinasi dari huruf "U" dan "S", yang merupakan singkatan dari United States. Namun, seperti teori lainnya, klaim ini belum tentu benar dan masih menjadi debat di kalangan sejarawan.

Satu hal yang pasti, simbol "$" telah menjadi ikon global yang mewakili kekuatan ekonomi AS. Meskipun asal-usul pastinya masih menjadi teka-teki, pentingnya dolar AS dalam perdagangan dan investasi global tidak bisa disangkal.

Kesimpulannya, misteri di balik simbol "$" menunjukkan bagaimana sejarah, politik, dan ekonomi saling berkaitan. Walaupun kita mungkin tidak pernah tahu dengan pasti dari mana asalnya, kita bisa menghargai simbol ini sebagai bagian dari warisan budaya dan ekonomi dunia. Sebagai masyarakat yang terus maju, kita harus terus mengejar pengetahuan dan memahami bagaimana sejarah mempengaruhi masa kini dan masa depan kita.

Fenomena Terkini






Trending