DJKN dan Langkah Modernisasi Menggunakan e-Meterai dalam Dokumen Lelang

18 September 2023 04:48 WIB·24
ilustrasi-e-meterai_169.jpeg

Kuatbaca.com - Dalam era digital saat ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dari Kementerian Keuangan telah memutuskan untuk bergerak mengikuti arus perkembangan teknologi. Mereka kini mengambil langkah besar dengan menerapkan e-meterai untuk dokumen pasca lelang. Langkah ini merupakan bagian dari inovasi dan modernisasi yang dilakukan DJKN untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses lelang.

Kerja sama antara DJKN dan Peruri Group diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama. Ini menciptakan kolaborasi antara dua entitas besar dalam rangka meningkatkan layanan digital, khususnya dalam penggunaan e-meterai.

Menurut Rionald Silaban, Dirjen Kekayaan Negara, modernisasi dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi merupakan kunci dalam meningkatkan kualitas tata kelola lelang. Oleh karena itu, penggunaan e-meterai pada dokumen pasca lelang seperti risalah lelang dan kwitansi lelang menjadi langkah strategis yang ditempuh. Keputusan ini didukung sepenuhnya oleh Peruri, khususnya PT Peruri Digital Security, yang memiliki spesialisasi dalam layanan solusi digital.

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya, menekankan betapa digitalisasi dapat memberikan kemudahan bagi banyak pihak.

Dengan adanya e-meterai dan tanda tangan digital Peruri Sign, proses lelang online di situs lelang.go.id yang dikelola oleh DJKN dapat berlangsung lebih cepat dan efisien. Ini juga menunjukkan transformasi bisnis digital yang dilakukan oleh Peruri, sebuah perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai pencetak uang rupiah.

Dwina berpendapat bahwa kerja sama ini bukan hanya semata-mata kolaborasi, tetapi juga bentuk kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah. Peruri, dengan kemampuan dan reputasinya, kini semakin mengukuhkan perannya dalam mendukung dan menjamin keaslian produk cetakan, baik itu fisik maupun digital.

Melalui kerja sama ini, Peruri telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi digital DJKN. Mereka menawarkan berbagai layanan solusi digital seperti tanda tangan digital, e-meterai, dan Digital ID untuk verifikasi dokumen elektronik. Produk-produk tersebut, termasuk Peruri Sign dan Peruri Code, menjadi bentuk nyata dari kontribusi Peruri dalam era digitalisasi di Indonesia.

Dengan memiliki Peruri Digital Security sebagai anak perusahaan dan distributor resmi untuk produk-produk digital, termasuk e-meterai, Peruri memastikan bahwa layanan-layanan tersebut akan tersedia bagi masyarakat dengan standar keamanan dan kualitas terbaik.

Dalam konteks yang lebih luas, langkah ini mencerminkan bagaimana entitas pemerintah dan korporasi di Indonesia berupaya keras untuk beradaptasi dan berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Dengan mengedepankan inovasi dan efisiensi, diharapkan pelayanan publik dapat lebih optimal dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital.

(*)

Fenomena Terkini






Trending