SidebarKanan
Umum

Sufmi Dasco Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Hukum, Prabowo Ingatkan Ada Tambahan Beban di Pundak

Kuatbaca

01 December 2022 16:40

Sufmi Dasco Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Hukum, Prabowo Ingatkan Ada Tambahan Beban di Pundak

Sidang Terbuka Senat Universitas Pakuan mengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan. Pengukuhan itu dilakukan di Sentul International Conventional Center (SICC) Sentul, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).


Dasco menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat". Melalui orasi ilmiah, Dasco membicarakan tentang puncak pesta demokrasi Indonesia, yaitu pemilihan umum atau Pemilu.


"Dalam paham kedaulatan rakyat, rakyatlah yang dianggap sebagai pemilik dan pemegang kekuasaan tertinggi suatu negara. Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu," kata Dasco.


Lebih lanjut, dalam orasi ilmiahnya Dasco mengatakan jaminan dan perlindungan terhadap hak dan kebebasan warga negara menjadi pilar utama demokrasi.


"Sesuai prinsip kedaulatan rakyat maka seluruh aspek penyelenggaraan pemilihan umum harus dikembalikan kepada rakyat untuk menentukannya," ujarnya.


Di samping itu, tampak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut hadir pada sidang terbuka itu. Ketua Umum Gerindra itu bahkan memberikan sambutan sebelum prosesi sidang dibuka. Selain Prabowo, terpantau Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan sejumlah anggota DPR RI ikut hadir.


Sementara itu terkait pengukuhan Guru Besar kepada Dasco, Ketua Umum Gerindra Prabowo menyampaikan ucapan selamat untuk Ketua Harian Gerindra itu.


"Jadi Pak Dasco selamat. Kehormatan yang diberikan di pundakmu tak ringan, justru menjadi beban," kata Prabowo dalam sambutannya.


Sebelumnya, Prabowo mengatakan tidak ada istilah atasan dan bawahan dalam hubungan kehidupan bermasyarakat, terlebih jika melakukan perjuangan bersama.


Hal itu disampaikan Prabowo dalam sambutannya di Sidang Terbuka Senat Universitas Pakuan dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Bapak Prof. Dr. Sufmi Dasco Ahmad, SH., MH sebagai Profesor Bidang Ilmu Hukum.


Mulanya, Prabowo menyampaikan rasa bahagianya sebagai seorang sahabat atas pengukuhan guru besar

yang akan diterima Dasco.


"Kita dalam kehidupan bermasyarakat kalau kita berjuang bersama tidak ada atasan dan bawahan," kata Prabowo di Sentul International Conventional Center (SICC) Sentul, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).


Prabowo menceritakan saat dirinya masuk menjadi tentara. Di mana hari pertama, Prabowo bersama tentara lain ditegaskan oleh pembina telah menjadi kawan seperjuangan


"Jadi kalau kita berjuang bersama, kalau kita memiliki tujuan yang sama, kalau kita memperjuangkan nilai yang sama, kita menjadi kawan seperjuangan," kata Prabowo.


"Kawan seperjuangan itu yang saya katakan tadi tidak melihat posisi dan tidak mementingkan duduk di baris depan atau di paling belakang."

Sidebar Content

Sumber : https://www.suara.com/news/2022/12/01/130218/sufmi-dasco-dikukuhkan-jadi-guru-besar-ilmu-hukum-prabowo-ingatkan-ada-tambahan-beban-di-pundak?page=all

Tag :

Prabowo

Komentar

Pencarian tidak ditemukan

Belum ada komentar

SidebarKanan
Kuatbaca.com

Informasi


Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Susunan Redaksi

2023 © KuatBaca.com. Hak Cipta Dilindungi