top ads
Home / Umum / Penguatan Budaya Literasi di Era Digital: Kolaborasi Kemendikbud Ristek dengan Gramedia Luncurkan Perpustakaan Digital

Umum

  • 14

Penguatan Budaya Literasi di Era Digital: Kolaborasi Kemendikbud Ristek dengan Gramedia Luncurkan Perpustakaan Digital

Penguatan Budaya Literasi di Era Digital: Kolaborasi Kemendikbud Ristek dengan Gramedia Luncurkan Perpustakaan Digital
  • September 19, 2023

Kuatbaca.com-Membudayakan literasi melalui kegiatan membaca merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat secara keseluruhan.


Di era digital saat ini, ketersediaan sumber bacaan digital menjadi sangat penting dalam mendukung kegiatan tersebut. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama dengan Gramedia, salah satu perusahaan besar di bidang penerbitan dan distribusi buku di Indonesia, telah berkolaborasi untuk menghadirkan Perpustakaan Digital bagi masyarakat Indonesia.


Perpustakaan Digital, yang telah beroperasi sejak November 2019, kini sudah memperoleh antusiasme masyarakat dengan jumlah pengguna mencapai 131.325 orang. Dengan adanya koleksi digital yang mencapai 11.107, termasuk buku, majalah, koran, dan berbagai publikasi lainnya, masyarakat di seluruh Indonesia kini memiliki akses yang lebih mudah dan luas untuk berbagai bacaan berkualitas.


Koleksi yang tersedia di Perpustakaan Digital mencakup berbagai genre, dari buku anak-anak, karya sastra terkenal, hingga buku non-fiksi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Dengan platform yang ramah pengguna, akses terhadap literasi menjadi semakin mudah dan menyenangkan.


Anang Ristanto, Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud Ristek, menyampaikan bahwa kolaborasi ini adalah wujud nyata dari komitmen bersama antara Gramedia dan Kemendikbud Ristek dalam mendukung peningkatan literasi di Indonesia. "Dengan dukungan dari Gramedia, kami optimis program-program literasi anak-anak di Indonesia akan semakin maju dan berkembang," ucap Anang.


Dalam kesempatan yang sama, Made Ruswidhi, General Manager Marketing Gramedia, menekankan bahwa Perpustakaan Digital adalah inisiatif yang sangat penting dalam mendukung kampanye literasi di Indonesia. "Melalui Perpustakaan Digital, Gramedia ingin memastikan bahwa setiap individu di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses sumber bacaan berkualitas. Ini adalah salah satu bentuk upaya kami untuk meningkatkan budaya literasi di era digital yang semakin berkembang," terang Made.


Dengan kehadiran Perpustakaan Digital ini, diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang terdorong untuk membaca dan meningkatkan literasinya. Kolaborasi antara dua entitas besar seperti Gramedia dan Kemendikbud Ristek ini tentunya akan menjadi tonggak penting dalam sejarah literasi digital di Indonesia. Sebagai masyarakat, mari kita dukung dan manfaatkan fasilitas ini untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan kita di era digital yang serba canggih ini.(*)

side ads
side ads