top ads
Home / Umum / Berawal dari Hobi, Arini Sukses Raup Cuan dari Usaha Kain Kreasi

Umum

  • 7

Berawal dari Hobi, Arini Sukses Raup Cuan dari Usaha Kain Kreasi

Berawal dari Hobi, Arini Sukses Raup Cuan dari Usaha Kain Kreasi
  • September 19, 2023

Kuatbaca.com - Arini Kumalasari adalah seorang pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bernama Astagunaku. Perempuan asli Blitar ini sudah memiliki ketertarikan dengan produk kerajinan tangan sejak kecil.


Beranjak dewasa, Ia sering membuat beberapa produk kecil seperti pouch ataupun tie dye untuk kemudian diunggah dalam akun media sosial Instagram Astaguna, @astgn.


Astaguna dalam Bahasa Jawa tersusun dari kata ‘asta’ yang artinya adalah tangan, sedangkan 'guna' adalah tujuan dari diciptakannya produk Astaguna, yakni agar bisa menjadi kerajinan yang bermanfaat dan membawa kebaikan.


Sebab itulah, akun Astaguna ini awalnya hanya sebagai media bagi Arini untuk membagikan dan memperkenalkan hasil karya tangannya.



Dari hobi jadi usaha


Awalnya, produk yang dihasilkan hanya berupa produk kerajinan kecil, tapi kini produk utama dari Astaguna adalah kain kreasi dan produk turunan dari kain kreasi.


Beberapa contohnya adalah pakaian trendy ready to wear, biding book, totebag, serta beberapa produk kerajinan lainnya. 


"Saya dari kecil memang suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan kerajinan tangan. Untuk sampai bisa seperti sekarang (bisa membuat baju), itu karena saya dan ibu banyak melihat referensi, akhirnya kita riset pasar dan coba ikut pelatihan," tutur Arini kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).


Memasuki tahun 2021, Astaguna semakin menghasilkan banyak produk, termasuk aksesoris wanita.


Harga yang ditawarkan bervariatif, mulai dari Rp 5.000 untuk aksesoris, hingga berkisar Rp 500.000 untuk produk kain.


Arini mengaku tak pernah mengira akan menjadikan hobinya sebagai sumber penghasilan.


Ia mengawali usahanya dengan modal Rp 2,5 juta pada saat itu dan kini bisa memperoleh omzet hingga 5 juta setiap bulannya.


Banyaknya dorongan dari kerabat dekatnya, membuat Arini akhirnya memberanikan diri untuk menjadikan hobinya sebagai bisnis.


“Awalnya temanku yang bilang, 'Jualin produknya, biar enggak cuma jadi pajangan di etalase Instagram.' Jadi, karena itulah akhirnya aku mulai kasih detail dimensi produk sampai proses pembuatannya juga aku tunjukkin,” ungkap Arini.


Pada awal tahun 2023, Arini mendaftarkan Astaguna menjadi hak merek dagang bernama ‘Astagunaku’.


Selain di akun Instagramnya, produk Astaguna dapat ditemukan di beberapa toko di Surabaya, yakni Deks Creative Space dan Oliswel.


Target market produk Astaguna dikatakan Arini untuk semua kalangan, baik remaja maupun orang dewasa.


"Marketnya Astaguna itu untuk semua kalangan yang menyukai kain kreasi dan produk handmade. Sekarang ini lebih tersegmentasi untuk kalangan usia 22-35 tahun," kata Arini.


Sampai saat ini, Arini terus memperluas relasinya dengan bergabung dalam komunitas crafter Surabaya dan aktif mengikuti kegiatan yang terselenggara di sekitar Surabaya.


(*)

side ads
side ads