UGM, ITS, IPB Kampus Terbaik Klaster 1 di PKM Awards Kemendikbud

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 17:08

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mengumumkan pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Awards 2022 melalui laman Instagramnya @ditjen.dikti, pada Rabu (21/9/2022).


PKM Awards merupakan ajang kemahasiswaan yang populer karena diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.


Sebagai informasi bahwa PKM merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.


PKM sendiri diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk memberi ruang bagi mahasiswa di Indonesia menunjukkan kreativitasnya dalam membuat karya.


PKM bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi, sehingga dapat membantu Mahasiswa ketika lulus nanti mendapat pekerjaan yang layak, memperoleh pengalaman di luar kampus, dan hasil kerjanya digunakan oleh masyarakat.


PKM terdiri dari dua jenis yaitu PKM Pendanaan dan PKM Insentif.


PKM Pendanaan terdiri dari delaan bidang yakni:

1.PKM-RE (PKM-Riset Eksakta)

2. PKM-RSH (PKM-Riset Sosial Humaniora)

3. PKM-K (PKM-Kewirausahaan)


4. PKM-PM (PKM-Pengabdian Masyarakat)

5. PKM-PI (PKM-Penerapan Iptek)

6. PKM KC (PKM-Karsa Cipta)

7. PKM-KI (PKM-Karya Inovatif)

8. PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif)


Sementara itu, PKM Insentif terdiri dari dua bidang yaitu PKM-GFT (PKM-Gagasan Futuristik Tertulis) dan PKM-AI (PKM-Artikel Ilmiah).


Proses pelaksanaan PKM tersebut terdiri dari penyusunan proposal, pengajuan proposal, penyaluran dana, pelaksanaan program, laporan kemajuan yang dinilai melalui Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2), penyusunan laporan akhir sampai dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).


Karya-karya yang diajukan oleh mahasiswa diseleksi untuk dilombakan di PIMNAS yang merupakan ajang kompetisi mahasiswa dari bermacam universitas penjuru Indonesia, menghadirkan karya-karya PKM terpilih, kecuali KM-AI. Proposal yang lolos dari standar nilai yang ditetapkan (passing grade) akan didanai oleh Belmawa.


Dilansir dari laman Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) bahwa ada beberapa syarat yang harus diikuti dalam PKM tersebut yakni:


1. Mahasiswa aktif program Diploma dan Sarjana.

2. Seorang mahasiswa dapat bergabung pada lebih dari dua tim pengusul proposal PKM 5 Bidang tetapi hanya dapat terlibat dalam dua judul proposal yang didanai (sebagai ketua dan anggota, atau keduanya sebagai anggota). Ketentuan ini juga berlaku pada PKM-KT.

3. Dosen pendamping dapat mendampingi lebih dari 10 tim pengusul proposal tetapi hanya dapat mendampingi maksimal 10 tim PKM yang didanai di semua jenis PKM (PKM 5 bidang dan PKMKT).


5. Tim beranggotakan maksimal 3-5 orang (PKM K,T dan M) dan maksimal 3 orang (PKM P, KC dan KT) sudah termasuk ketua.

6. Ketua tim hanya bisa mengetuai satu judul proposal dalam satu periode PKM.PKM sendiri mendukung mahasiswa untuk berlatih menuangkan ide melalui tulisan dan merealisasikan dengan karya inovasi. Oleh karena itu, sebuah kesempatan bagi mahasiswa mengikuti kompetisi populer dan berkolaborasi dengan tim.


Setelah dilakukan seleksi yang ketat, maka Diktjen Dikti memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi pada setiap klaster yang berhasil menerima pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM Awards 2022 yakni:


1. Perguruan tinggi terbaik klaster 1 diraih oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

2. Perguruan tinggi terbaik klaster 2 diraih oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Universitas Sumatera Utara (USU).


3. Perguruan tinggi terbaik klaster 3 diraih oleh Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR), Universitas Muria Kudus (UMK), dan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSA).

4. Perguruan tinggi terbaik klaster 4 diraih oleh Universitas Sari Mulia (UNISM), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).


5. Perguruan tinggi terbaik klaster 4 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Bone (UNIMBONE), Institut Bio Scientia Internasional Indonesia (i3L), Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UNMUH BABEL), Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta, Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA), dan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).


Harapannya, pencapaian dan penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi penerima dan Perguruan tinggi lain untuk meningkatkan partisipasinya dalam setiap pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa.





Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2022/09/23/155137471/ugm-its-ipb-kampus-terbaik-klaster-1-di-pkm-awards-kemendikbud?page=all


Tag :

Informasi