Mural Keith Haring Berusia 41 Tahun Direstorasi

Oleh Kuatbaca - 24 September 2022 02:34

Jakarta - Keith Haring dikenal sebagai salah satu seniman AS yang mendunia lewat gambar grafiti yang dibuatnya. Sepeninggal pria yang meninggal pada 16 Februari 1990 di New York, karya-karya masih banyak yang bertebaran di sejumlah kota dan dikoleksi museum seni.


Salah satunya berada di Bard College, Annandale Hudson, New York. Lebih dari 40 tahun yang lalu, Keith Haring pernah membuat mural yang menampilkan 5 figur bayi dengan wajah berseri-seri.


Mural yang disertai tanda tangan sang seniman sekarang ditampilkan secara permanen di Pusat Studi Kuratorial Sekolah atau lokasi bagi program pascasarjana di Bard College.


Kini, Bard College merestorasi dan bakal menampilkan ulang mural Keith Haring setelah mendapatkan hibah dari Keith Haring Foundation. Dilansir dari Artnews, Jumat (23/9/20220, Direktur Eksekutif Center for Curatorial Studies, Tom Eccles, mengatakan mural itu telah disimpan di kantor seorang profesor selama bertahun-tahun.


"Profesor sejarah seni bernama Tom Wolf masih menyimpan mural Keith Haring yang dibuat dari 1981," katanya.


Saat itu, Keith Haring telah diundang untuk berbicara di Bard College tentang etika seni grafiti di awal dekade 1980-an. Tiba-tiba saja, usai menghadiri acara diskusi Keith Haring langsung membuat mural menggunakan Magic Marker.


Dengan rencana Tom Wolf yang segera pensiun, rencana menemukan rumah baru bagi mural Keith Haring gencar dibicarakan.


"Tom menyelamatkan pekerjaan mural itu lalu memotongnya dari dinding," sambungnya lagi.


"Sejak saat itu, mural Keith Haring ada di kantornya. Kami akan memulihkan bagian dinding yang dipasang dan bakal memasangnya di perpustakaan," tutur Tom Eccles.


Keith Haring merupakan seorang pelukis berkebangsaan Amerika Serikat. Sebagian besar karyanya adalah grafiti dan street art. Dia dilahirkan di Pittsburgh, Pennsylvania dan pertama kali menggambar di subway New York.




Sumber: https://hot.detik.com/art/d-6308620/mural-keith-haring-berusia-41-tahun-direstorasi?single=1


Tag :

seniman mural