Langkah Penting Menghadapi Rem Motor Blong

Oleh Kuatbaca - 25 June 2022 14:44

JAKARTA - Rem motor bisa mengalami blong karena berbagai faktor. Mulai karena kampas rem terlalu panas, atau pemakaian rem yang agresif atau kasar.


Kecelakaan akibat rem motor blong masih sering ditemui di antara pengguna sepeda motor. Seperti yang terekam dalam unggahan akun Instagram milik @dashcamindonesia, Sabtu (25/6/2022).


Seorang penumpang sepeda motor tengah merekam kondisi jalan saat tiba-tiba motor melaju semakin cepat dan tidak bisa dihentikan. Akibatnya, penumpang dan pengendara sepeda motor tersebut terjatuh di jalan.


Tidak diketahui lagi kelanjutan dari peristiwa rem blong tersebut. Namun keterangan video mengatakan, motor tersebut mengalami rem blong secara tiba-tiba.


Ada tindakan antisipasi dan reaktif yang bisa dilakukan untuk menghadapi rem blong. Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, sebelum berkendara baiknya dipersiapkan terlebih dahulu perlengkapan berkendara dan pemeriksaan kendaraan.


 

"Apalagi jika berkendaranya dengan jarak yang cukup jauh, selalu persiapkan diri dengan menggunakan perlengkapan berkendara atau riding gear yang aman. Kita juga harus mempersiapkan kendaraan dengan melakukan pemeriksaan sebelum mulai berkendara," ucap Agus pada Kompas.com, Sabtu (25/6/2022).


Hal-hal itu, menurut Agus merupakan tindakan antisipasi untuk mencegah terjadinya rem blong saat berkendara. Namun jika sudah terlanjur terjadi, Agus menyarankan pengendara untuk tidak langsung panik.


"Jika panik, kita tidak dapat berpikir dengan baik untuk menyelamatkan diri," ucap Agus.


Kemudian, untuk motor selain skutik, pengendara bisa mencoba melakukan engine brake dengan melakukan perpindahan gigi ke gigi yang paling rendah.


"Tetap kuasai kendaraan dengan baik, lakukan manuver-manuver yang tidak membahayakan diri kita. Terakhir,carilah lokasi yang paling dianggap sangat aman untuk memberhentikan kendaraan dengan menjatuhkannya, jika motor belum dapat berhenti," ucap Agus.


Agus menekankan, penggunaan riding gear yang baik saat berkendara diharapkan bisa meminimalisir cedera pada tubuh saat pengendara terpaksa menjatuhkan motor.



Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/25/134200315/langkah-penting-menghadapi-rem-motor-blong?page=all


Tag :

rem blongperawatan motor