Ketahui, Banyaknya Gula dalam Buah Anggur Merah Tanpa Biji

Oleh Kuatbaca - 23 September 2022 17:04

Rasa manis dan asam alami dari buah anggur merah tanpa biji menjadikannya camilan yang ideal untuk dinikmati sepanjang hari.


Ada pun satu cangkir buah anggur merah tanpa biji diketahui memenuhi setengah dari asupan buah yang direkomendasikan setiap hari, dengan mengandung 104 gram kalori, 0,24 gram lemak, dan 27,33 gram karbohidrat.


Selain itu, karbohidrat dalam buah anggur merah tanpa biji juga menyehatkan karena merupakan kombinasi dari gula dan serat.


Bahkan, hanya satu porsi anggur menyediakan 1,4 gram serat yang memenuhi lebih dari 5 persen kebutuhan asupan serat harian.


Nah, seperti dilansir dari laman Livestrong, ada tiga jenis gula utama dalam anggur merah tanpa biji yakni sukrosa, glukosa, dan fruktosa.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai beragam gula tersebut, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.


Total gula


Satu cangkir buah anggur merah tanpa biji mengandung 23,37 gram gula total. Gula sendiri merupakan jenis karbohidrat yang digunakan tubuh untuk bahan bakar.


Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti anggur merah tanpa biji, yang mengandung gula alami dan serat, bukan gula tambahan.


Menurut American Heart Association, karbohidrat kompleks juga lebih efisien digunakan oleh tubuh dan kandungan seratnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


Jenis gula dalam buah anggur merah


Sukrosa

Dari 23,37 gram total gula dalam buah anggur merah tanpa biji, 0,23 gram berasal dari sukrosa.

Sukrosa yang juga dikenal sebagai gula meja, adalah gula kompleks yang dibuat dengan menggabungkan gula sederhana, glukosa, dan fruktosa.


Tanaman dan buah-buahan seperti anggur merah tanpa biji ini menggunakan sukrosa sebagai cara untuk menyimpan energi.


Glukosa

Dikenal sebagai dekstrosa, glukosa adalah gula sederhana yang merupakan sumber energi utama tubuh.

Hampir setengah dari gula yang terkandung dalam anggur merah tanpa biji berasal dari glukosa. Satu cangkir buah anggur merah tanpa biji biasanya menyediakan 10,87 gram glukosa.


Fruktosa

Fruktosa adalah gula sederhana alami yang ditemukan terutama dalam madu dan buah.

Ini hampir 1,5 kali lebih manis daripada sukrosa.


Ada pun satu cangkir buah anggur merah tanpa biji mengandung 12,28 gram fruktosa. Dan, sebagian besar rasa manis buah anggur merah tanpa biji diperoleh dari kandungan fruktosa yang tinggi.


Tidak seperti fruktosa, sirup jagung fruktosa tinggi adalah gula buatan manusia yang dibuat dengan mengubah glukosa menjadi fruktosa menggunakan enzim.


Sirup jagung fruktosa tinggi sering ditambahkan ke banyak makanan seperti kue, biskuit, dan makanan panggang lainnya untuk membantu menambah rasa manis.


Oleh sebab itu, buah anggur merah tanpa biji mungkin bisa menjadi pilihan makanan manis yang lebih alami, tapi pastikan juga untuk dikonsumsi secukupnya.






Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/23/155218720/ketahui-banyaknya-gula-dalam-buah-anggur-merah-tanpa-biji?page=all


Tag :

Informasi