FIA Sanjung Kesuksesan Formula E Jakarta, Dua Kali Balapan di 2023

Oleh Kuatbaca - 24 September 2022 08:54

Jakarta - Fédération Internationale de l'Automobile, atau disingkat FIA memuji gelaran Formula E Jakarta. Saat ajang balap mobil open wheel bertenaga listrik itu pertama kali digelar di Jakarta, menurut FIA terbilang sukses.


FIA memuji tuan rumah yang perdana menggelar balapan Formula E. Tidak hanya Jakarta, tapi juga Seoul, Korea Selatan. Kedua kota itu merupakan rumah baru untuk balap mobil listrik E-Prix. Jakarta dan Seoul dinilai memenuhi ekspektasi dunia motorspot.


"Musim motor sport internasional 2022 memberikan tantangan khusus bagi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Asosiasi Balap Mobil Korea (KARA), karena kedua klub ditugaskan untuk menyelenggarakan acara Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA untuk pertama kalinya. Itu adalah ujian yang mereka lewati dengan gemilang," tulis FIA dalam pernyataan yang dimuat dalam websitenya dikutip Jumat (23/9/2022). Lebih lanjut, FIA menerangkan Formula E merupakan ajang balap yang berbeda dengan balapan lain. Sebab Formula E disajikan di tengah kota dengan ruang yang relatif lebih sempit. Upaya penanganan jika mobil mengalami masalah di sirkuit jadi salah satu faktor penting.


FIA juga memuji para marshal Formula E di Jakarta yang sudah diberi pelatihan secara teori ataupun praktik, lengkap dengan simulasi sebelum balapan dimulai. Didukung oleh pakar olahraga balap, Dino Lodola yang mengawal E-Prix Roma.


"Di kedua negara itu, skala tantangan mereka tidak bisa diremehkan. Jakarta E-Prix perdana adalah acara motorsport pertama yang disetujui FIA yang diadakan di Indonesia sejak 2006," katanya.


"Setelah berbulan-bulan persiapan yang melelahkan yang menghasilkan tiga balapan Formula E yang aman, sukses dan menghibur, kembalinya Jakarta dan Seoul ke kalender Formula E untuk Musim 9 pada 2022/23 adalah bukti pekerjaan yang dilakukan dengan baik," tambah FIA.


Formula E musim kesembilan itu akan berlangsung mulai Desember 2022 sampai Juli 2023. Kalender sementara sudah dirilis, Jakarta masuk ke dalam kalender balap Formula E dan bakal digelar sebanyak dua kali, yakni pada seri ke-12 dan 13 yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023.






Sumber: https://oto.detik.com/otosport/d-6309322/fia-sanjung-kesuksesan-formula-e-jakarta-dua-kali-balapan-di-2023?single=1


Tag :

Informasi