Banjir di Depan Perumahan Delatinos BSD Ikut Menggenangi Masjid, Jemaah Ikut Bersihkan Sisa Lumpur

Oleh Kuatbaca - 24 September 2022 03:44

Banjir melanda jalan di depan perumahan Delatinos Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, pada Jumat (22/9/2022).


Diketahui hujan deras melanda wilayah Tangsel sejak Jumat siang. Banjir diperkirakan terjadi pada pukul 15.00 WIB.


Dari laporan jurnalis Annisa Ramadhani, ketinggian banjir mencapai 30 hingga 50 sentimeter. Air juga tampak menggenang di Puskesmas Rawa Buntu serta masjid yang ada di sana.


"Hujan deras yang terjadi siang tadi menyebabkan banjir dan lumpur atau tanah merah terbawa ke dalam Masjid Al-Hidayah dan Puskesmas yang berada tepat di depan perumahan Delatinos, BSD," tutur Annisa dalam laporannya, Jumat (23/9/2022).


Tampak mobil pemadam kebakaran ikut membantu membersihkan sisa lumpur yang ada di sekitar lokasi. Adapun banjir terlihat mulail terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Kemudian, banjir mulai surut pada pukul 16.00 WIB.


"Banjir mulai surut hingga se-mata kaki orang dewasa dan air yang menggenangi wilayah ini surut total pada pukul 16.30 WIB sore," ujar Annisa


Warga dari rukun tetangga (RT) yang berada di sekitar lokasi berinisiatif membersihkan tanah merah yang terbawa oleh banjir. Pembersihan dilakukan menggunakan pipa dari mobil pemadam kebakaran.


Pantauan Kompas.com di lokasi pukul 18.00 WIB, warga dan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Anggrek Loka masih bahu-membahu membersihkan lantai masjid dan puskesmas.


Adapun lokasi Puskesmas Rawa Buntu berada tepat di belakang masjid. Tim damkar menyemprotkan air ke arah lantai, kemudian warga membersihkannya dengan serok.


"Warga masih berupaya membersihkan tanah merah menggunakan alat pembersih seperti serokan atau pun sapu ijuk," tutur Annisa.


Aktivitas salat ashar sempat terganggu karena banjir masuk hingga ke dalam masjid. Jemaah yang hendak solat pun turut membersihkan sisa lumpur yang berada di dalam masjid.




Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/23/19565781/banjir-di-depan-perumahan-delatinos-bsd-ikut-menggenangi-masjid-jemaah?page=all


Tag :

terbaru